Kompas.com - 21/08/2021, 14:12 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
|

KOMPAS.com - Program Studi (Prodi) Desain Produk Fakultas Arsitektur dan Desain (FAD) Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta berhasil meraih hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek).

Hibah PKKM ini bertujuan untuk mendorong peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) Prodi Desain Produk UKDW.

Salah satunya melalui aktivitas inkubasi karya mahasiswa menuju dunia usaha dan dunia industri (DUDI) yang mendukung implementasi bentuk kegiatan pembelajaran merdeka belajar dalam wirausaha desain dan magang industri.

Menurut Kaprodi Desain Produk UKDW Kristian Oentoro, inkubasi karya mahasiswa menuju DUDI juga mendukung pelaksanaan pameran karya secara daring dari hasil program wirausaha dan magang industri.

Baca juga: PTM Terbatas Perlu Disertai Mitigasi Risiko Penularan Covid-19

Berikan motivasi bagi mahasiswa kembangkan karya

Telah ditetapkan 10 proposal mahasiswa wirausaha desain dan 10 proposal magang industri
yang diberi dana insentif masing-masing sebesar Rp 5 juta.

"Program pendanaan ini merupakan dukungan sekaligus motivasi bagi para mahasiswa desain produk untuk dapat berkarya dan merdeka belajar sesuai dengan passion masing-masing," terang Kristian Oentoro dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (21/8/2021).

Dia menambahkan, total insentif sebesar Rp 100 juta yang diberikan kepada mahasiswa diharapkan mampu memfasilitasi ide-ide kreatif dan inovatif untuk memberikan kemajuan bagi pengembangan diri dan kolaborasi dengan mitra industri.

Kegiatan ini juga merupakan bentuk implementasi program merdeka belajar yang dikembangkan melalui dana hibah kerjasama kurikulum MBKM Prodi Desain Produk pada tahun 2020.

Baca juga: Mahasiswa, Ini 4 Tips Ikuti Kuliah Sambil Aktif Berorganisasi

Dorong mahasiswa merintis usaha mandiri

Sementara itu, Koordinator Wirausaha Desain Kampus Merdeka (WDKM) Winta Adhitia Guspara berharap program WDKM dapat mendorong mahasiswa untuk merintis usaha mandiri di bidang desain.

Selain itu juga bisa membuka kesempatan belajar dan berbisnis secara kreatif sehingga dapat memperkaya kompetensi profil lulusan Prodi Desain Produk UKDW sebagai wirausahawan desain (designpreneur).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.