Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa, Ini 4 Tips Ikuti Kuliah Sambil Aktif Berorganisasi

Kompas.com - 20/08/2021, 17:31 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat menempuh pendidikan tinggi, seorang mahasiswa selain disibukkan dengan perkuliahan juga bisa mengikuti berbagai kegiatan organisasi.

Asal bisa membagi waktu dengan baik, aktif berorganisasi tidak melulu membawa dampak negatif.

Tetapi justru mendatangkan banyak manfaat positif melalui kegiatan organisasi yang diikuti.
Misalnya mengasah kemampuan komunikasi, melatih jiwa kepemimpinan, mengasah kemampuah sosial hingga memperluas jaringan pertemanan.

Aktif berorganisasi semasa kuliah juga akan menambah nilai plus dalam Curriculum Vitae (CV) saat melamar pekerjaan kelak. Berbagai manfaat ini juga sangat berguna saat diterapkan di dunia kerja mendatang.

Baca juga: Indocement Tunggal Prakarsa Buka Lowongan Management Trainee S1-S2

Namun jika kurang pandai membagi waktu, aktif berorganisasi juga bisa membawa dampak negatif. Salah satunya akan menyebabkan mahasiswa tidak fokus saat mengikuti perkuliahan atau belajar.

Dilansir dari akun Instagram Seleksi Telkom University, Jumat (20/8/2021), membagikan tips dan trik kuliah sambil mengikuti banyak kegiatan.

1. To do list is a must

Ikut banyak kegiatan terlebih di zaman Work From Home (WFH) seperti ini pasti akan banyak sekali rapat yang diikuti secara online.

Belum lagi tugas-tugas kuliah yang diberikan para dosen. Agar tidak kewalahan menghadapi situasi ini, kamu bisa membuat jadwal tersendiri agar lebih tertata saat menjalankannya.

Baca juga: Mahasiswa UB Teliti Kandungan Tanaman Jarak Cina untuk Terapi Covid-19

2. Yuk jangan jadi deadliners!

Siapa yang masih deadliners saat mengerjakan tugas? Deadline suatu tugas juga perlu diperhatikan. Jangan sampai kamu terlalu asyik berkegiatan di luar perkuliahan, tetapi tugas-tugas kuliahnya justru keteteran.

3. Tentukan prioritas

Menentukan prioritas juga tidak kalah penting. Kalau sudah memantapkan ingin mengikuti banyak kegiatan, hal ini berarti kamu juga harus siap menghadapi kemungkinan jadwal yang bentrok.

Baca juga: Siswa Wajib Tahu, Ini Mata Pelajaran yang Dipertimbangkan di SNMPTN

Kamu harus latihan menentukan prioritas mana yang harus dikerjakan lebih dulu. Tentunya tugas perkuliahan tetap menjadi nomor satu.

4. Communication is a key

Kalau ada sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan, kamu bisa mengkomunikasikan dengan teman-teman satu tim baik di organisasi ataupun Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Karena dengan komunikasi yang baik, kamu dapat menghindari dari kesalahpahaman antaranggota organisasi maupun UKM. Jadi jangan sampai sungkan berkomunikasi dengan teman satu tim.

Baca juga: Mahasiswa, Cermati 7 Tips Memulai Bisnis ala Alumnus UII Yogyakarta

Itulah tips dan trik yang bisa dilakukan mahasiswa yang memiliki banyak kegiatan di luar perkuliahan. Jika kamu bisa menerapkan tips dan trik ini, kamu pasti bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu dan mendapatkan manfaat positif dari kegiatan organisasi yang diikuti.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com