Kompas.com - 20/08/2021, 17:15 WIB
Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuat inovasi mengubah cangkang telur menjadi produk kosmetik face spray yang memiliki berbagai manfaat. Tangkap layar laman unnes.ac.id.Mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) membuat inovasi mengubah cangkang telur menjadi produk kosmetik face spray yang memiliki berbagai manfaat.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Telur termasuk sumber protein yang biasa dikonsumsi masyarakat. Namun keberadaan cangkang telur sejauh ini belum dimanfaatkan maksimal.

Namun di tangan para mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes), mereka berhasil melakukan penelitian dan mengubah cangkang telur yang merupakan limbah organik menjadi sesuatu yang bermanfaat.

Siapa sangka cangkang telur yang biasa dibuang justru bisa menjadi skincare yang memiliki banyak manfaat untuk merawat kulit.

Dilansir dari laman Unnes, Jumat (20/8/2021), para mahasiswa Unnes ini mengubah cangkang telur menjadi produk kosmetik face spray.

Baca juga: Siswa Wajib Tahu, Ini Mata Pelajaran yang Dipertimbangkan di SNMPTN

Cangkang telur jadi produk skincare

Face spray dari cangkang telur ini diklaim dapat mencegah penuaan dini serta menjaga kelembaban dan elastisitas kulit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Para mahasiswa yang menggagas inovasi ini yakni Zakiya Ayu Nisa dan Elsa Nurul Safitri keduanya dari Pendidikan Tata Kecantikan, Ikfina Kamelia Rizqi dan Dafina Eka Claradia keduanya dari Teknik Kimia dan Maya Indah Sulistyowati dari jurusan Ekonomi Pembangunan.

Mereka tergabung dalam Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Selama melakukan penelitian ini, para mahasiswa di bawah bimbingan dosen Eny Widhia Agustin.

Berkat inovasi dari cangkang telur ini, mereka berhasil lolos Dana Hibah PKM 2021.

Baca juga: Mahasiswa UB Teliti Kandungan Tanaman Jarak Cina untuk Terapi Covid-19

Menurut Ketua Tim PKM Kewirausahaan, Zakiya mengungkapkan, sampai saat ini cangkang telur ayam terutama membran cangkang telur ayam belum dimanfaatkan maksimal terutama pada bidang kosmetik. 

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.