Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

Ini Dia, Hasil Survei Tingkat "Curiosity" Mahasiswa Indonesia

Kompas.com - 22/08/2021, 10:36 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

 

Oleh: Arki Sudito dan Jihan Aulia Zahra (*)

KOMPAS.com - Rasa keingintahuan atau curiosity merupakan salah satu karakter penting di era disrupsi yang penuh dengan perubahan setiap waktunya.

Perubahan-perubahan menimbulkan ketidakpastian yang akhirnya membuat kita untuk memiliki rasa penasaran pada hal-hal tertentu untuk dapat hidup berdampingan dengan ketidakpastian.

Curiosity dimulai dari rasa ketertarikan terhadap sesuatu yang baru, yang belum dikenal sebelumnya. Kemudian rasa ketertarikan itu akan berkembang menjadi sebuah keinginan untuk mengeksplorasi ketertarikan terhadap hal baru tersebut.

Di sanalah curiosity ditemukan ketika perasaan yang berkembang menguasai diri atas ketertarikan sesuatu yang baru.

Rasa keingintahuan ini cukup erat dengan para Milenial dan Gen Z karena mereka yang paling dekat dengan perubahan yang tidak pasti. Jalan hidup mereka masih panjang untuk dapat bertahan dalam dunia.

Maka dari itu, Growth Center melakukan survei terhadap pemuda yang diwakilkan oleh responden mahasiswa yang berasal dari beberapa universitas di Indonesia.

Survei ini dilakukan berdasarkan The Curiosity and Exploration Inventory – II yang dikembangkan oleh Kashdan, Gallagher, dan Silvia (2009).

Kolom Tingkat Curiosity Mahasiswa IndonesiaGrowth Center Kolom Tingkat Curiosity Mahasiswa Indonesia

Hasilnya, sebagian besar mahasiswa di Indonesia memiliki tipologi detective, yakni tipe yang menyukai dan menikmati pengalaman baru dan menantang sebanyak 55,12 persen.

Keingintahuannya yang tinggi mendorong dirinya untuk terus mencari informasi, mengeksplorasi hal-hal baru, dan memanfaatkan pengalaman tersebut untuk melengkapi pengetahuannya.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.