Kompas.com - 20/08/2021, 12:48 WIB
Tangkapan layar peserta kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) UPN Jogja yang digelar secara daring, Rabu (18/8/2021). DOK.Fisip UPN JogjaTangkapan layar peserta kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) UPN Jogja yang digelar secara daring, Rabu (18/8/2021).
|

KOMPAS.com - Pada Pengenalan Kehidupan Kampus Bela Negara (PKKBN) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UPN “Veteran” Yogyakarta (UPN Jogja), mahasiswa baru (maba) dikenalkan konsep bela negara.

Hal ini karena UPN Jogja dikenal sebagai Kampus Bela Negara. Maka kegiatan mahasiswa baru ini sekaligus dimanfaatkan untuk memperkenalkan konsep bela negara.

Ketua PKKBN FISIP UPN Jogja 2021, Fauzul Haq mengatakan, PKKBN FISIP tahun ini masih digelar secara daring lantaran pandemi Covid-19.

Baca juga: Bantu Masyarakat Terdampak Covid, Mapala UPN Jogja Dirikan Dapur Umum

"Intinya kami masih berupaya untuk membumikan konsep bela negara secara modern," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/8/2021).

Menurutnya, selama ini pemikiran yang terbangun, bela negara identik dengan angkat senjata.

"Nah, PKKBN FISIP ini berupaya mengejawantahkan bahwa bela negara dapat dilakukan siapa saja melalui perannya di masyarakat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki," terangnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Secara khusus kegiatan ini menghadirkan konten Cari Arti Bela Negara yang secara langsung bisa diakses mahasiswa baru melalui kanal Youtube FISIP UPN Veteran Yogyakarta.

Sementara Ketua Pusat Studi Bela Negara UPNVY, Bambang Wicaksono menyatakan, melalui konten ini maba diajak menyelami alasan UPN Jogja menyandang status Kampus Bela Negara hingga contoh implementasi unsur-unsur bela negara.

"Harapannya mahasiswa UPN Jogja menjadi insan yang berjuang tanpa pamrih. Pamrihnya hanya satu bagaimana mewujudkan Indonesia itu adil makmur berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945," terang Bambang.

Adapun kegiatan tingkat fakultas ini juga menghadirkan narasumber anggota grup band Rubah di Selatan, Ronie Udara yang berinteraksi langsung dengan mahasiswa baru melalui aplikasi Zoom Meeting.

Baca juga: Webinar UPN Jogja: Remaja, Ini 5 Tips Hadapi Quarter Life Crisis

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.