Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Growth Center
Powered by Kompas Gramedia

Sebagai bagian dari KOMPAS GRAMEDIA, Growth Center adalah ekosistem solusi yang memfasilitasi pertumbuhan organisasi dan individu untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka. Growth Center hadir untuk menjadi teman bertumbuh dalam mempercepat pertumbuhan dan transformasi melalui solusi sumber daya manusia berbasis teknologi yang teruji secara saintifik berdampak.

Kami meningkatkan pertumbuhan para individu melalui proses siklus yang berkelanjutan dari menemukan jati diri (discovery) hingga menyediakan pengembangan (development) yang diperlukan. Semua ini hadir dalam produk kami, Kognisi Discovery dan Kognisi Development untuk memfasilitasi individu untuk mengenal dirinya sendiri dan berkembang sesuai dengan keunikan (idiosyncrasy) mereka.

Silakan kunjungi situs kami www.growthcenter.id dan info kolaborasi lebih lanjut bisa kirim surel ke info@growthcenter.id.

 

5 Cara Mengembangkan Growth Mindset

Kompas.com - 05/03/2021, 07:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh Andrea Lusi Anari*

WALAU bukan perkara mudah, ternyata pola pikir dapat diubah. Termasuk bila pola pikir kita didominasi fixed mindset. Bagaimana cara mengubahnya menjadi growth mindset?

Pernahkah kamu memiliki keinginan untuk memperoleh hasil yang “segera”, “saat ini juga”? Dan saat tidak memperoleh hasil sebagaimana yang diharapkan, kamu merasa gagal.

Kondisi semacam ini oleh Dr Carol S Dweck, peneliti dan penulis buku Mindset: Changing The Way You Think to Fulfil Your Potential disebut dengan “The Tyranny of Now”.

Penerapan “The Tyranny of Now”, atau berfokus pada hasil akhir yang baik saat ini juga, membawa kita untuk lebih mengembangkan pola pikir fixed mindset.

Baca juga: Pola Pikir Mahasiswa Indonesia, Growth Mindset atau Fixed Mindset?

 

Dari berbagai hasil penelitiannya, Dweck menemukan bahwa pada saat seseorang menerapkan atau hidup di lingkungan yang menerapkan “The Tyranny of Now” gagal memecahkan suatu persoalan, maka ke depannya ia akan cenderung berperilaku curang untuk mendapatkan hasil yang baik.

Temuannya yang lain adalah orang tersebut akan berupaya menemukan orang lain yang hasil kerjanya lebih buruk daripada dirinya agar ia dapat merasa lebih baik. Persoalan-persoalan sulitpun cenderung tak berani mereka hadapi, untuk menghindari kegagalan.

Nah, kebalikan dari “The Tyranny of Now” adalah “The Power of Yet”, yakni menyadari dan memaknai bahwa beberapa hal layak untuk ditunggu, dan untuk meraihnya diperlukan kerja keras. Inilah salah satu kunci pengembangan growth mindset.

Baca juga: Mungkinkah Sudah Waktunya Reset Mindset Kita?

Seseorang dengan growth mindset memiliki sikap mental: kegagalan memberikan kesempatan untuk belajar dan kegagalan tersebut memberikan kesempatan untuk memahami pengalaman kritikal yang akan mengarahkan pada keberhasilan di masa mendatang.

Oleh sebab itu, seseorang dengan growth mindset memiliki daya lenting (resilience) dan ketekunan (perseverance) di dalam mencapai tujuan jangka panjangnya.

Sebelum membahas bagaimana mengembangan growth mindset, yuk cari tahu pola pikirmu di sini.

Lalu, bagaimana jika saat ini pola pikir kita didominasi fixed mindset?

Menurut Dweck, fixed mindset dan growth mindset bukanlah suatu kondisi yang bersifat dikotomi, dan tidak dapat digeneralisasikan untuk semua situasi.

Baca juga: Kekuatan Pola Pikir, Fixed Mindset vs Growth Mindset

Kita memiliki percampuran dari kedua mindset ini. Yang perlu kita lakukan adalah menyadari di kondisi atau situasi seperti apakah pola pikir kita bersifat fixed mindset, dan kita dapat mengembangkannya agar pola pikir kita lebih didominasi oleh growth mindset.

Dengan memiliki growth mindset kita dapat membuka potensi-potensi diri yang tersembunyi dan memberikan kesempatan diri untuk bertumbuh secara optimal sesuai dengan tujuan hidup kita.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com