Kompas.com - 19/08/2021, 12:18 WIB
Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) I Kadek Aldi Parera Putra berhasil mengembangkan usaha di bidang pertanian yang diberi nama Klumpu Fresh. Tangkap layar laman UndikshaMahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) I Kadek Aldi Parera Putra berhasil mengembangkan usaha di bidang pertanian yang diberi nama Klumpu Fresh.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Menjadi seorang mahasiswa bisa mengembangkan potensi diri seluas mungkin. Tak melulu berkutat dengan perkuliahan, tapi mahasiswa juga mencoba hal baru dengan merintis wirausaha.

Sejumlah perguruan tinggi juga berupaya menumbuhkan jiwa wirausaha di kalangan mahasiswa dengan berbagai program. Seperti di Universitas Pendidikan Ganeseha (Undiksha) yang memiliki program Mahasiswa Wirausaha (PMW), Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM), dan organisasi kewirausahaan.

Adanya berbagai program ini tentu membuka peluang bagi mahasiswa untuk berwirausaha. Mahasiswa Prodi Akuntansi (S1) Undiksha, I Kadek Aldi Parera Putra berhasil memanfaatkan peluang dan berhasil mengembangkan usaha di bidang pertanian bernama Klumpu Fresh.

Baca juga: Jadi Primadona, Begini Prospek Kerja Jurusan Ilmu Aktuaria

Mencoba wirausaha sejak SD

Klumpu dalam bahasa Bali adalah tempat penyimpanan padi. I Kadek Aldi menerangkan, padi disimpan sebelum diolah menjadi beras.

"Diberi nama Klumpu Fresh karena memiliki arti tempat penyimpanan produk berupa makanan pokok yang segar sebelum diolah di dapur masyarakat," ujar Kadek seperti dikutip dari laman Undiksha, Rabu (18/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketertarikan Aldi di bidang wirausaha sebenarnya sudah ada sejak dia kecil. Mahasiswa asal Kecamatan Marga, Kabupaten Tabanan, Bali ini sejak duduk di bangku SD sudah mencoba berjualan aneka jenis barang.

Seperti bunga kamboja, kembang api, agen asuransi, jasa editing, sepatu dan sebagainya, Perjalannya itu menjadikannya fokus pada usahanya saat ini.

"Jadi yang utama saya berminat berwirausaha karena keinganan saya mencapai tujuan sukses membanggakan orangtua. Selain itu juga bisa mengubah pandangan masyarakat dan memiliki kehidupan yang lebih layak kedepannya," ungkap Aldi.

Baca juga: Mahasiswa Tertua ITB, Ini Motivasi Rudy Kuliah S3 di Usia 69 Tahun

Petani dapat harga rendah dari pengepul

Aldi mengaku, niat awal berkecimpung di usaha pertanian karena mengetahui rendahnya harga yang diberikan pengepul kepada petani. Seringkali kondisi ini membuat petani mengeluh.

Selain itu, Aldi juga memiliki pengalaman pribadi karena bibinya merupakan seorang petani. Hasil panennya dihargai dengan harga rendah oleh pengepul. Selain itu jalur pendistribusian yang panjang dari petani hingga sampai ke konsumen.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.