Kompas.com - 19/08/2021, 09:00 WIB
Boyband BTS (dari kiri) J-Hope, Suga, V, Jungkook, RM, Jimin, dan Jin. Big Hit MusicBoyband BTS (dari kiri) J-Hope, Suga, V, Jungkook, RM, Jimin, dan Jin.

KOMPAS.com - Memiliki segudang kesibukan di dunia hiburan ternyata tak membuat member BTS mengesampingkan pendidikan. Boyband asal Korea Selatan ini berhasil mengenyam pendidikan sarjana atau S1. Bahkan beberapa anggota diketahui tengah menekuni pendidikan di jenjang S2.

Padahal, mereka memiliki aktivitas yang padat dan popularitas yang tengah naik daun seharusnya cukup menguras waktu mereka. Nyatanya, mereka masih terus fokus pada pendidikan dan  tercatat meneruskan pendidikannya di Hanyang Cyber University untuk program Magister Administrasi Bisnis (MBA). 

Beruntungnya, perusahaan entertainment atau manajemen yang menaunginya memberikan dukungan penuh untuk para member BTS yang ingin melanjutkan studi akademik.

Baca juga: 5 Idol Korea dengan Biaya Pendidikan Termahal, Ada yang Capai Rp 3 Miliar

Selain itu, anggota BTS juga memandang bahwa pendidikan formal sangat penting untuk pertumbuhan dan pemenuhan diri karena industri hiburan dinilai tidak sestabil pekerja di industri lainnya. Para ARMY, tentu bangga boyband idolanya tak hanya fokus di dunia entertainment melainkan juga pendidikan.

Dilansir dari laman Pintek.id, para member ini memilh jurusan yang beragam. Misalnya, Jin BTS yang menyelesaikan program sarjana di prodi Akting dan Seni, Departemen Film dan Seni Visual, Universitas Konkuk pada 2017 dan melanjutkan pendidikan S2 di Hanyang Cyber University. Selain itu, Jin, RM, Suga, Jimin, J-Hope, dan V juga melanjutkan kuliah S2 di Hanyang Cyber University. Kelimanya mengambil program MBA Advertising and Media.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

 

Sebelumnya, lima member BTS ini berkuliah di program S1 jurusan Broadcasting and Entertainment, Global Cyber University. Adapun Jungkook, maknae atau member termuda BTS, kini mengikuti jejak kakak-kakaknya dengan berkuliah di jurusan dan kampus yang sama.

Apalagi, Hanyang Cyber University yang terletak di Wangsimni-ro 220, Seongdong Gu, Seoul 04763, Korea ini berdiri sejak tahun 2002 dan telah banyak meraih prestasi seperti delapan kali mendapat peringkat pertama dalam Korea Standard Association Service Quality Index (KS-SQI).

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

Tak hanya itu, Hanyang Cyber University juga terpilih sebagai Universitas Cyber Terbaik dalam Evaluasi Pendidikan Pembelajaran Jarak Jauh 2007 oleh Kementerian Pendidikan, Sains, dan Teknologi (MEST).

Bahkan Hanyang Cyber University juga terpilih sebagai universitas cyber No. 1 selama tiga tahun berturut-turut dari 2006 hingga 2008 menurut penelitian faksi konsumen di bisnis berbasis layanan.

Sebagai kampus digital yang paling diminati, Hanyang Cyber University menawarkan berbagai jurusan kuliah seperti teknik mesin, arsitektur digital, IT, administrasi bisnis, ekonomi, perhotelan, kesehatan masyarakat, bahasa Inggris, bahasa Jepang, hukum dan desain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.