Kompas.com - 21/08/2021, 15:32 WIB
Alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Rezka Mardhiyana berbagi cerita tentang perjuangannya meraih beasiswa di University of Toronto, Kanada. Tangkap layar laman UMMAlumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Rezka Mardhiyana berbagi cerita tentang perjuangannya meraih beasiswa di University of Toronto, Kanada.
|

KOMPAS.com - Melanjutkan pendidikan di luar negeri saat ini menjadi mimpi yang bisa diwujudkan jika mau berusaha.

Terlebih saat ini banyak program beasiswa baik dari pemerintah maupun lembaga swasta yang bisa mempermudah jalanmu melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Seperti yang dialami alumnus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Rezka Mardhiyana. Saat ini, Rezka begitu dia akrab disapa, sedang menimba ilmu di University of Toronto, Kanada.

Alumni Psikologi UMM ini berbagi cerita bagaimana perjuangannya hingga berhasil menjejakkan kaki di negara yang memiliki lambang daun maple tersebut.

Baca juga: PTM Terbatas Perlu Disertai Mitigasi Risiko Penularan Covid-19

Persiapan jadi kunci penting meraih beasiswa

Rezka mengatakan, perjalanannya meraih beasiswa cukup mulus. Setelah lulus kuliah S1 pada bulan Februari 2019, ia berhasil diterima menjadi awardee beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) pada September tahun yang sama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rezka mengaku, sejauh yang diingat, dia hanya menerima satu kali penolakan yakni dari beasiswa Australia Award Scholarship.

"Kebetulan jarak antara wisuda dan batas akhir AAS cukup pendek. Jadi saya kurang persiapan. Menurut saya, persiapan adalah kunci penting dalam menggapai beasiswa," kata Rezka seperti dikutip dari laman UMM, Sabtu (21/8/2021).

Perempuan asli Banjarmasin ini menambahkan, awalnya dia menargetkan melanjutkan pendidikan di benua Eropa. Hal ini dilatarbelakangi rasa sukanya dengan tokoh Harry Potter.

Namun ternyata takdir berkata lain dan justru mengantarkan Rezka ke benua Amerika untuk melanjutkan pendidikannya. 

"Saya mengubah arah layar tujuan dan ingin berlabuh di Australia, tepatnya di Melbourne University. Alasannya agar tidak terlalu jauh, sehingga jika terjadi apa-apa di tanah air bisa lebih cepat sampai," ungkapnya.

Baca juga: Indocement Tunggal Prakarsa Buka Lowongan Management Trainee S1-S2

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.