Kompas.com - 31/07/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi

KOMPAS.com - Generasi milenial atau yang sekarang menempati usia 24-39 tahun, disebut-sebut menjadi generasi yang rentan mengalami stres karena usia ini sangat dinamis dan sangat mengikuti perubahan.

Pakar kesehatan jiwa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair), Damba Bestari mengatakan stres adalah suatu kondisi yang menuntut seseorang untuk menyesuaikan diri terhadap segala perubahan. Jadi sebenarnya bukan selalu hal yang negatif, tetapi juga bisa positif.

Ia mencontohkan, pernikahan dan punya anak adalah suatu hal yang menyenangkan atau positif.

"Tetapi itu adalah suatu perubahan besar dalam hidup, jadi itu juga disebut sebagai stressor," papar psikiater yang akrab disapa Dona, seperti dirangkum dari laman Unair, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Peneliti IPB: Jahe, Kunyit, dan Temulawak Bisa Obati 30 Jenis Penyakit

Lebih lanjut, Dona menjelaskan stres adalah hal yang sangat penting, karena dengan adanya stres seseorang bisa menghasilkan zat kortisol dan adrenalin untuk melindungi diri agar tetap produktif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Misal saya disuruh mengisi webinar dengan peserta yang banyak, di situ saya ada stressor sehingga saya terpicu untuk menampilkan materi dengan sebaik mungkin,” jelasnya.

Menurutnya, sehat secara mental bukanlah suatu kondisi yang seratus persen bebas stres.

“Sehat secara mental bukan suatu kondisi yang seratus persen bebas stres, itu suatu hal yang tidak mungkin, namun bagaimana cara untuk menghadapi stres itu,” ungkapnya.

Cara hadapi stres yang berlebih

Namun, lanjut Dona, ketika stressor terlalu kuat maka mekanisme otak akan kacau sehingga menyebabkan gangguan.

Gangguan itu tidak hanya ke masalah psikis atau mental tetapi juga ke masalah tubuh. Dampak gangguan fungsi bisa setara dengan asma berat dan hepatitis B. Sementara stres atau pasca trauma, setara dengan orang lumpuh.

Baca juga: Peneliti IPB Temukan Minuman Penurun Gula Darah Berbasis Rempah

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.