Kompas.com - 22/07/2021, 13:02 WIB
Prof Ari Kuncoro, SE, MA, PhD yang terpilih sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024. Dok. Universitas IndonesiaProf Ari Kuncoro, SE, MA, PhD yang terpilih sebagai Rektor Universitas Indonesia (UI) periode 2019-2024.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Rektor Universitas Indonesia (UI) Ari Kuncoro akhirnya melepas jabatan dari posisi Wakil Komisaris Utama di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI).

Keputusan ini mengakhiri polemik status rangkap jabatan Ari Kuncoro yang ramai diperbincangkan publik akhir-akhir ini.

Baca juga: Profil Lengkap Rektor UI Ari Kuncoro yang Jalani Rangkap Jabatan

Pemerintah merevisi Statuta UI dengan aturan yang baru, yakni PP Nomor 75 Tahun 2021. Bunyi aturan itu menegaskan bahwa rangkap jabatan di BUMN atau BUMD hanya dilarang untuk jabatan direksi.

Adapun aturan yang lama, yaitu PP Nomor 68 Tahun 2013, melarang Rektor UI merangkap jabatan di perusahaan pelat merah.

Informasi pengunduran diri Ari Kuncoro dari jabatan Wakil Komisaris Utama BRI diinformasikan oleh BRI di keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (22/7/2021).

Corporate Secretary BRI Aestika Oryza Gunarto mengaku, Kementerian BUMN telah menerima surat pengunduran diri Ari Kuncoro sebagai Wakil Komisaris Utama/Komisaris Independen BRI dan menginformasikannya secara resmi kepada perseroan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehubungan itu, perseroan menerbitkan keterbukaan informasi pada tanggal 22 Juli 2021.

Adapun proses berikutnya, kata dia, perseroan akan menindaklanjuti sesuai ketentuan dan prosedur.

Baca juga: Rektor UGM Soroti Kelangkaan Pasokan Oksigen

Dia menyebutkan, perseroan berkomitmen untuk terus menerapkan praktik tata kelola perusahaan yang baik atau good corporate governance (GCG) dari semua lapisan, mulai dari top level management, dalam hal ini dewan komisaris dan direksi, hingga jajaran pekerja di semua unit kerja perseroan.

"Komitmen tersebut dijalankan pada setiap kegiatan usaha perseroan, yang merupakan perwujudan dari visi dan misi perseroan, corporate values, dan strategi kebijakan dalam keberlanjutan perseroan," jelas dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X