Kompas.com - 15/07/2021, 20:14 WIB
Ilustrasi oksigen ShutterstockIlustrasi oksigen
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kelangkaan pasokan oksigen belum lama ini terjadi seiring bertambahnya jumlah pasien Covid-19.

Salah satu langkah yang bisa dilakukan untuk menjawab kelangkaan pasokan oksigen terutama di rumah sakit adalah dengan optimalisasi kapasitas unit-unit produksi yang ada di dalam negeri yang saat ini baru beroperasi 74 persen dari kapasitas terpasang.

Baca juga: Tiga Prodi UGM Raih Akreditasi Internasional

Sebanyak 72 persen dari produk yang ada digunakan bagi kepentingan industri dan hanya 28 persen untuk kebutuhan medis.

Menurut Rektor UGM Panut Mulyono, saat ini yang bisa dilakukan adalah optimalisasi kapasitas produksi unit-unit produksi yang dimiliki untuk menanggulangi kelangkaan oksigen.

"Namun, dengan meningkatnya kebutuhan oksigen yang sangat besar akibat melonjaknya pasien Covid-19 di tanah air, maka menerima bantuan oksigen dari negara sahabat dan impor oksigen menjadi keniscayaan demi menyelamatkan banyak pasien," ungkap dia melansir laman UGM, Kamis (15/7/2021).

Pria yang juga menjadi Pakar Energi UGM ini menyatakan, untuk kondisi normal sebenarnya pasokan oksigen di tanah air saat ini tidak ada masalah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain digunakan di berbagai fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit oksigen juga banyak dipakai di blast furnace untuk pembuatan baja.

Oksigen merupakan komponen penting dalam sintesis zat-zat kimia seperti ammonia, alkohol, dan berbagai jenis bahan plastik.

"Oksigen dan asetilen juga digunakan dalam pengelasan dan metal cutting karena dapat menghasilkan suhu yang sangat tinggi. Bahan bakar roket bisa dari oksigen cair dengan suhu di bawah -183oC (minus 183 derajat Celsius)," ucap Dosen Departemen Teknik Kimia UGM ini.

Baca juga: Hamil Saat Pandemi Covid-19, Pakar UGM Sarankan Hal Ini

Panut menegaskan untuk memproduksi oksigen tidaklah mudah. Apalagi dalam skala produksi rumahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.