Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Bersihkan Hidung Pakai Bawang Putih, Pakar Unair Ungkap Risikonya

Kompas.com - 19/07/2021, 19:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Viral di TikTok, ada beragam video baik warga Indonesia dan warga asing menggunakan bawang putih untuk mengeluarkan ingus.

Video berdurasi 60 detik itu, menampilkan cara melegakan hidung tersumbat dengan memasukkan bawang putih yang sudah dikupas ke dalam hidung.

Jika sudah terasa baunya dan terasa panas dalam beberapa waktu, bawang putih dikeluarkan dan otomatis lendir hidung keluar. Kalau dalam video, lendir atau ingus yang keluar cukup banyak.

Respon netizen pun beragam. Ada yang ingin mencoba teknik murah meriah ini, ada juga yang masih meragukan efektivitas metode ini.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Tetapi, apakah metode ini aman untuk ditiru?

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), Chusnu Romdhoni sendiri menjelaskan metode menggunakan bawang utuh tidak dianjurkan.

"Tidak ada metode pengobatan (hidung tersumbat) dengan cara tersebut,” ujar Chusnu dilansir dari laman resmi Unair.

Hidung tersumbat sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi misalnya rinitis akut, rinitis kronis. Lalu alergi, seperti pilek alergi atau tumor seperti kanker sinus dan hidung.

Meskipun Covid-19 tidak selalu menyebabkan hidung tersumbat, metode bawang putih utuh juga tidak direkomendasikan untuk mencegah Covid-19.

“Untuk pencegahan Covid-19 direkomendasikan untuk mencuci hidung dengan povidone iodine,” jelas beliau.

Selain pencegahan Covid-19, metode memasukkan bawang putih ke dalam rongga hidung juga tidak disarankan untuk mengurangi hidung tersumbat.

Baca juga: Pelatihan Bahasa Korea Gratis Korea Foundation 2022, Tunjangan Rp 12,6 Juta Per Bulan

Beliau juga menjelaskan bahwa memasukkan benda, dalam hal ini bawang putih, dapat menyebabkan iritasi pada rongga hidung.

Chusnu Romdhoni menyampaikan, pengobatan hidung tersumbat dapat dilakukan dengan pemberian obat yang memiliki kandungan menthol.

“Mungkin penggunaan menthol lebih baik untuk melegakan hidung, seperti vicks inhaler,” ungkapnya.

Selain menggunakan obat-obatan, ada hal-hal lain yang bisa dilakukan untuk mencegah hidung tersumbat.

“Kalau yang normal dengan mencari udara segar, membuka jendela dan ventilasi rumah, menghindari debu atau alergen, dan mencuci hidung dengan air bersih. Untuk yang beragama Islam, ada bagian dari wudhu yang Namanya insyiqaq (menghirup air dan membuangnya sebanyak 3 kali). Bisa juga menggunakan uap hangat air atau berolahraga yang bersifat aerobic, seperti jogging, kardio, dan lain-lain,” sambungnya.

Baca juga: Peneliti IPB: Jahe, Kunyit, dan Temulawak Bisa Obati 30 Jenis Penyakit

Terakhir, ia juga menyampaikan tips-tips untuk meredakan hidung tersumbat, seperti pola hidup sehat, makan teratur, istirahat cukup, dan olahraga teratur. Ditambah juga menggunakan masker dan menghindari alergen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com