Kompas.com - 19/07/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi bawang putih AmaritaIlustrasi bawang putih

KOMPAS.com - Viral di TikTok, ada beragam video baik warga Indonesia dan warga asing menggunakan bawang putih untuk mengeluarkan ingus.

Video berdurasi 60 detik itu, menampilkan cara melegakan hidung tersumbat dengan memasukkan bawang putih yang sudah dikupas ke dalam hidung.

Jika sudah terasa baunya dan terasa panas dalam beberapa waktu, bawang putih dikeluarkan dan otomatis lendir hidung keluar. Kalau dalam video, lendir atau ingus yang keluar cukup banyak.

Respon netizen pun beragam. Ada yang ingin mencoba teknik murah meriah ini, ada juga yang masih meragukan efektivitas metode ini.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Tetapi, apakah metode ini aman untuk ditiru?

Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (Unair), Chusnu Romdhoni sendiri menjelaskan metode menggunakan bawang utuh tidak dianjurkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tidak ada metode pengobatan (hidung tersumbat) dengan cara tersebut,” ujar Chusnu dilansir dari laman resmi Unair.

Hidung tersumbat sendiri dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti infeksi misalnya rinitis akut, rinitis kronis. Lalu alergi, seperti pilek alergi atau tumor seperti kanker sinus dan hidung.

Meskipun Covid-19 tidak selalu menyebabkan hidung tersumbat, metode bawang putih utuh juga tidak direkomendasikan untuk mencegah Covid-19.

“Untuk pencegahan Covid-19 direkomendasikan untuk mencuci hidung dengan povidone iodine,” jelas beliau.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.