Kompas.com - 28/06/2021, 11:29 WIB
Layanan GeNose di 26 kapal penumpang PT Pelni Dokumen PT PelniLayanan GeNose di 26 kapal penumpang PT Pelni
|

KOMPAS.com - Hingga kini, penyebaran Covid-19 di Indonesia masih tinggi. Setiap hari, jumlah kasus yang terpapar Covid-19 meningkat.

Meski demikian, untuk di koridor perjalanan, alat screening Covid-19 buatan Universitas Gadjah Mada (UGM) masih cukup efektif mencegah penularan Covid-19.

Hal itu disampaikan pihak peneliti dan pengembang GeNose C19. Sebab, GeNose C19 menghasilkan angka terduga Covid-19 (rata-rata positif/positivity rate) dari sejumlah sampel calon penumpang, yang biasanya tidak menunjukkan gejala Covid-19, sebanyak sembilan persen.

Baca juga: Alumnus Filsafat UGM: Tak Masalah Kerja di Perbankan, Ini Alasannya

Untuk saat ini angka rata-rata tingkat positif nasional mencapai 14 persen dari jumlah orang yang dites. Sebagian orang yang terdeteksi positif merupakan kategori orang tanpa gejala (OTG).

Jumlah tersebut berpotensi masuk dalam populasi calon penumpang transportasi publik.

GeNose tetap akurat

Juru bicara GeNose C19, dr. Mohamad Saifudin Hakim, MSc., PhD., menerangkan bahwa implementasi GeNose C19 sebagai alat screening bagi calon penumpang transportasi publik, terutama kereta api, juga menunjukkan tingkat positif yang cukup tinggi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rata-rata angka tingkat positif dengan GeNose C19 mencapai sembilan persen dengan standar deviasi tiga persen.

Menurutnya, sebagian calon penumpang yang merasa sehat dan ingin melakukan perjalanan, namun sebenarnya OTG, dapat tertangkap dan terdeteksi oleh unit-unit GeNose C19 di Stasiun Gambir pada kurun waktu 30 Mei-15 Juni 2021.

Hal ini mencerminkan bahwa GeNose C19 tetap akurat menjaring penumpang terduga positif dengan status OTG sekalipun.

"Alih-alih negatif palsu, GeNose C19 justru mencegah penularan jika hasil positif itu dipatuhi," ujar Hakim seperti dikutip dari laman UGM, Senin (28/6/2021).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.