Kompas.com - 28/06/2021, 11:28 WIB
Ilustrasi gerbong kereta api KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi gerbong kereta api
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - GeNose C19 mencegah penularan Covid-19 di transportasi publik, khususnya mereka yang berpergian ke luar daerah menggunakan kereta api.

Bayangkan rata-rata angka tingkat positif dengan Genose C19 mencapai 9 persen, dengan standar deviasi tiga persen.

Baca juga: Tips Paten Tingkatkan Imun Tubuh Manusia ala Pakar UGM

Menurut Juru Bicara GeNose C19, Mohamad Saifudin Hakim, sebagian calon penumpang yang merasa sehat dan ingin melakukan perjalanan, tapi sebenarnya orang tanpa gejala (OTG), maka bisa tertangkap dan terdeteksi unit GeNose C19 di Stasiun Gambir pada kurun watu 30 Mei sampai 15 Juni 2021.

Hal ini mencerminkan GeNose C19 tetap akurat menjaring penumpang terduga positif dengan status OTG sekalipun.

"Alih-alih negatif palsu, GeNose C19 justru mencegah penularan jika hasil positif itu dipatuhi," ucap Hakim melansir laman UGM, Senin (28/6/2021).

Dosen dari FKKM UGM ini juga menyarankan, agar orang yang terduga OTG Covid-19 dengan GeNose C19 sebaiknya tidak meneruskan perjalanan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, positivity rate Covid-19 secara nasional didasarkan pada pemeriksaan terhadap orang bergejala maupun tidak bergejala dan tidak hanya di koridor sistem transportasi.

Sehingga masuk akal apabila tingkat positif GeNose C19 sedikit berbeda dengan persentase nasional.

"Kesamaannya, sekarang ini positivity rate GeNose C19 dan Satgas Covid 19 sudah melampuai ketetapan positivity rate WHO, yaitu di atas lima persen," tegas Hakim.

Dengan keakuratan mendeteksi calon pelaku perjalanan yang kemungkinan OTG, maka GeNose C19 justru mencegah penularan yang ditandai dengan angka tingkat positif yang mendekati tingkat positif nasional dan minimnya data hasil negatif palsu.

Baca juga: Mahasiswa Kembar Unair Lulus Bersama

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.