Kompas.com - 23/06/2021, 12:13 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Selama pandemi Covid-19 berlangsung di Indonesia, semua jenjang pendidikan menggelar pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah (BDR).

Namun pada tahun ajaran baru mendatang, pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) merencanakan dilaksanakannya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) M Ishom Yusqi mengatakan, sejauh ini Direktorat KSKK telah melakukan beberapa persiapan PTM di Madrasah. 

Menurutnya, pada dasarnya persiapan Direktorat KSKK Madrasah untuk PTM sudah lama dilakukan seiring dengan antisipasi pembelajaran di masa pandemi.

Baca juga: Pakar UGM Ungkap Potensi dan Permasalahan Penyediaan Garam Nasional

Telah melakukan berbagai persiapan

Direktorat KSKK telah mengeluarkan panduan kurikulum darurat. Kurikulum yang diperuntukkan untuk pelaksanaan PTM ini sangat berguna bagi guru.

"Direktorat KSKK juga menerbitkan Surat Edaran tentang mekanisme pembelajaran pada masa pandemi," jelas M Ishom Yusqi dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Rabu (23/6/2021). 

Ishom Yusqi menerangkan, pihaknya juga sudah menyosialisasikan hal ini ke Madrasah. Mulai dari Standar Operasional Prosedur (SOP) pembelajaran pada masa pandemi, kelengkapan infrastruktur seperti tempat cuci tangan, skema jaga jarak, dan lain-lain. Hingga pengisian daftar periksa dan simulasi persiapan PTM terbatas.

Selain itu pihaknya juga telah serta mempersiapan platform pengawasan khusus kesiapan PTM terbatas di Madrasah.

Baca juga: Begini Cara KKN ITS Maksimalkan Potensi Desa Wisata di Bali

Mengikuti keputusan SKB 4 Menteri

Ishom Yusqi mengungkapkan, Direktorat KSKK akan mengikuti keputusan yang tertuang dalam SKB 4 Menteri terkait Panduan PTM Terbatas Pasca Vaksinasi Guru.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.