Kompas.com - 23/06/2021, 11:03 WIB
Alumni Sastra Indonesia Unair, Rizal Agung Kurnia saat kuliah di Rusia. DOK. UnairAlumni Sastra Indonesia Unair, Rizal Agung Kurnia saat kuliah di Rusia.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Rizal Agung Kurnia, berhasil menjadi salah seorang dari alumni Unair yang berkesempatan mengenyam studi magister (S2) di luar negeri, yakni Rusia.

Situasi politik internasional Rusia dan citra negatifnya telah banyak memantik banyak ketertarikan publik. Tidak terkecuali bagi Rizal.

Baca juga: LPDP Buka Beasiswa BTS di Negeri Korsel, Peluang Menarik untuk ARMY

Rizal dibuat penasaran dengan negara berjuluk "Negeri Beruang Putih" itu, dan mulai menjadikan Rusia sebagai bahan skripsinya dan selanjutnya melanjutkan studi magister di sana.

Suka pada linguistik

Rizal tertarik pada bidang linguistik (ilmu tentang bahasa). Dia mempelajari linguistik melalui Prodi Magister Filologi (ilmu tentang bahasa, kebudayaan, dan sejarah suatu bangsa) di Kazan Federal University atau KFU.

Menurut dia, Rusia memiliki tradisi linguistik yang sangat kuat dan mendalam. Sehingga kamus menjadi barang wajib agar makna suatu kata dapat dipelajari secara menyeluruh.

"Bahkan, teman satu kelas yang berbangsa Rusia, juga dituntut untuk menggunakan kamus," ungkap dia melansir laman Unair, Rabu (23/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Rusia, kata dia, terus mencari arti kata dan bagaimana cara mengungkapkannya. Karena, suatu kata memiliki beragam arti dan cara penggunaannya.

Baca juga: Sebanyak 1.300 Mahasiswa Universitas Pertamina Bisa Nikmati Beasiswa

Tradisi ilmu pengetahuan Rusia

Dia mengaku, Rusia memiliki tradisi ilmu pengetahuan yang serius, kuat, dan mendalam, sehingga memiliki banyak sudut pandang.

"Ini yang membuat Indonesia perlu belajar dari Rusia, sehingga dapat lebih bijak dalam mengambil keputusan," ujar Rizal.

Belajar di Rusia memang tidak mudah dan perlu keseriusan. Kendati demikian, Rizal mulai terbiasa belajar di Rusia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X