Kompas.com - 20/06/2021, 13:30 WIB
Universitas Pertamina sediakan beberapa beasiswa untuk bantu anak Indonesia tidak putus sekolah. DOK. UNIVERSITAS PERTAMINAUniversitas Pertamina sediakan beberapa beasiswa untuk bantu anak Indonesia tidak putus sekolah.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Masalah perekonomian kerap menjadi kendala para siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Berdasarkan data Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), tercatat ada 157.000 siswa SD hingga SMA putus sekolah pada tahun ajaran 2019/ 2020.

Dari total 10,2 juta siswa siswi SMA dan SMK di tahun ajaran 2019/2020, terdapat 59.300 anak yang tak melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi.

Melihat permasalahan ini, Universitas Pertamina menyediakan berbagai program beasiswa untuk membantu siswa berprestasi namun terkendala ekonomi agar bisa melanjutkan pendidikannya.

Baca juga: Jelang PTM Terbatas, Guru Perlu Perhatikan Penyusunan Jadwal Kelas

Masuk ke Universitas Pertamina dengan beasiswa

Salah satu alumni Program Studi Kimia Universitas Pertamina, Sugianto membagikan kisah bagaimana ia hampir tak bisa mewujudkan mimpinya untuk kuliah karena kekurangan biaya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Ayah saya bekerja sebagai petani lada dan ibu tak bekerja. Berkuliah di kota besar seperti Jakarta seperti mimpi untuk saya," kata Sugi seperti dikutip dari laman Universitas Pertamina, Sabtu (19/6/2021).

Sugi menerangkan, saat menonton televisi, ia melihat iklan tentang Universitas Pertamina dan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa.

Sugi langsung menuju ke warnet dan melakukan pendaftaran. Berkat prestasinya yang gemilang selama duduk di bangku SMA, Sugi lolos seleksi beasiswa dan mendapat kesempatan berkuliah di Universitas Pertamina dengan pembebasan biaya masuk dan biaya SPP selama delapan semester.

Baca juga: Peserta CBT UM UGM Wajib Membawa Hasil Tes Covid-19

Ia juga memperoleh penggantian biaya transport dan uang saku sebesar Rp 1,2 juta per bulan.

Selama mengenyam pendidikan di Universitas Pertamina, Sugi mengikuti riset pengembangan baterai Lithium yang digagas Universitas Pertamina bersama Fungsi Research dan Technology Innovation (RTI) Pertamina.

Halaman:


25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X