Kompas.com - 20/06/2021, 11:47 WIB
Ilustrasi anak tantrum. SHUTTERSTOCK/MIA STUDIOIlustrasi anak tantrum.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Situasi pandemi Covid-19 membawa perubahan di semua aspek kehidupan manusia. Adanya pandemi Covid-19 ini tentu juga membawa dampak negatif pada kondisi psikis anak.

Peran orangtua sangat penting agar anak tetap sehat dan bahagia dalam menghadapi pandemi.

Guru Besar Fakultas Keperawatan Unpad Prof. Henny Suzanna Mediani menekankan, yang paling utama adalah bagaimana orangtua bisa mengajarkan kepada anak dan keluarga untuk bisa beradaptasi dengan situasi dan kondisi selama pandemi Covid-19.

Menurut Henny, orangtua sangat berperan dalam mendukung tumbuh kembang anak yang optimal agar anak dapat menjadi manusia unggul di kemudian hari.

Baca juga: Jelang PTM Terbatas, Guru Perlu Perhatikan Penyusunan Jadwal Kelas

Orangtua harus peka kondisi psikis anak

Selain mengajarkan anak beradaptasi dengan kondisi pandemi, orangtua harus peka terhadap kondisi psikis anak dan mempunyai cara untuk mengurangi stresnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Henny mengungkapkan, pandemi Covid-19 memberikan dampak negatif, baik jangka pendek dan jangka panjang yang dapat mengganggu tumbuh kembang anak.

Menurutnya, anak-anak merupakan korban tersembunyi dari pandemi Covid-19.

Dampak jangka pendek yang dialami anak diantaranya adalah jenuh, stres, bingung, cemas, marah, kurang motiviasi, dan meningkatnya angka kesakitan.

"Bila tidak dilakukan tindakan segera, tentu ini bisa berakibat fatal untuk anak-anak. Yaitu terjadi konsekuensi jangka panjang terhadap keselamatan, kesejahteraan, dan masa depan anak-anak," beber Henny.

Baca juga: Peserta CBT UM UGM Wajib Membawa Hasil Tes Covid-19

Rasa bahagia dan optimistis bisa tingkatkan imunitas

Henny menjelaskan, rasa bahagia dan optimistis dapat berperan dalam meningkatkan imunitas tubuh.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X