Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang PTM Terbatas, Guru Perlu Perhatikan Penyusunan Jadwal Kelas

Kompas.com - 18/06/2021, 18:45 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas akan segera dibuka pada tahun ajaran baru 2021/2022 bagi sekolah yang seluruh guru dan tenaga kependidikannya telah mendapatkan vaksin lengkap.

PTM terbatas dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan serta kesiapan dan kondisi di wilayah satuan pendidikan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah menyiapkan sejumlah skema khusus.

Salah satunya adalah jadwal pembelajaran untuk tiap kelas di setiap jenjang. Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, agar tidak terjadi penumpukan orang yang dapat mengakibatkan kerumunan, jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran harus disusun.

Baca juga: Intip 20 Prodi Unair dengan Persaingan Paling Ketat di SBMPTN 2021

Hal ini perlu dilakukan untuk mengatur pola jadwal pembelajaran tiap kelas. Aturan menjaga jarak diutamakan dengan mengatur alur masuk, alur pembelajaran di dalam kelas, sampai dengan alur keluar kelas.

Menyusun jadwal pembelajaran kelas

Dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran, guru diharapkan mampu menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran yang diampunya dengan melalui tahapan-tahapan berikut ini:

1. Memastikan kesiapan protokol kesehatan di ruang kelas. Terutama pengaturan tempat duduk dengan jarak 1,5 meter di antara setiap peserta didik serta protokol kesehatan yang harus dipenuhi di kelas.

2. Menyusun kelompok belajar per kelas dengan komposisi sesuai jenjang kelas yang telah ditetapkan satuan pendidikan. Jumlah peserta kelompok belajar disesuaikan dengan ketentuan protokol kesehatan yaitu maksimal 18 peserta didik dalam satu ruang kelas.

3. Menentukan durasi waktu sesi PTM terbatas sesuai dengan jenjang kelas yang telah ditetapkan satuan pendidikan untuk mengurangi risiko penularan.

Baca juga: Mahasiswa Semester Akhir, Buruan Daftar Beasiswa Skripsi Tahap II

4. Menyusun jadwal PTM terbatas sesuai dengan aturan jumlah PTM terbatas setiap minggu yang telah ditetapkan satuan pendidikan

5. Menentukan durasi sesi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sesuai dengan jenjang kelas yang telah ditetapkan satuan pendidikan.

6. Menyusun jadwal PJJ sesuai dengan aturan jumlah PTM setiap minggu yang telah ditetapkan satuan pendidikan.

7. Memetakan mata pelajaran pada sesi PTM terbatas dan PJJ.

Baca juga: Gagal SBMPTN 2021? Berikut Tips Anti Galau ala Ketua LTMPT

8. Menuliskan daftar nama peserta didik per kelompok belajar yang sudah ditentukan di setiap kelas.

9. Mengomunikasikan jadwal dan kebutuhan pembelajaran kelas atau mata pelajaran pada orangtua. Sehingga orangtua dapat mempersiapkan peserta didik secara fisik dan psikologis

Untuk mengetahui informasi rinci terkait penyusunan jadwal PTM terbatas maupun informasi teknis lain terkait PTM terbatas, dapat mengunduh panduan di laman Direktorat SMP.

Baca juga: Kuliah Gratis di Universitas Pertamina Melalui Beasiswa Aperti BUMN

Semua pihak diajak untuk bersama-sama mempersiapkan diri dalam menyelenggarakan PTM terbatas di satuan pendidikan masing-masing. Hal ini penting dilakukan demi mengembalikan pembelajaran yang efektif pada tahun ajaran 2021/2022.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com