Kompas.com - 18/06/2021, 18:45 WIB
Siswa-siswi SMPN 1 saat mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka yang pernah digelar beberapa bulan lalu. KOMPAS.COM/HENDRA CIPTASiswa-siswi SMPN 1 saat mengikuti uji coba pembelajaran tatap muka yang pernah digelar beberapa bulan lalu.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas akan segera dibuka pada tahun ajaran baru 2021/2022 bagi sekolah yang seluruh guru dan tenaga kependidikannya telah mendapatkan vaksin lengkap.

PTM terbatas dilaksanakan dengan mengedepankan protokol kesehatan serta kesiapan dan kondisi di wilayah satuan pendidikan.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) telah menyiapkan sejumlah skema khusus.

Salah satunya adalah jadwal pembelajaran untuk tiap kelas di setiap jenjang. Dilansir dari laman Direktorat SMP Kemendikbud Ristek, agar tidak terjadi penumpukan orang yang dapat mengakibatkan kerumunan, jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran harus disusun.

Baca juga: Intip 20 Prodi Unair dengan Persaingan Paling Ketat di SBMPTN 2021

Hal ini perlu dilakukan untuk mengatur pola jadwal pembelajaran tiap kelas. Aturan menjaga jarak diutamakan dengan mengatur alur masuk, alur pembelajaran di dalam kelas, sampai dengan alur keluar kelas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menyusun jadwal pembelajaran kelas

Dengan mempertimbangkan tujuan pembelajaran, guru diharapkan mampu menyusun jadwal pembelajaran kelas atau mata pelajaran yang diampunya dengan melalui tahapan-tahapan berikut ini:

1. Memastikan kesiapan protokol kesehatan di ruang kelas. Terutama pengaturan tempat duduk dengan jarak 1,5 meter di antara setiap peserta didik serta protokol kesehatan yang harus dipenuhi di kelas.

2. Menyusun kelompok belajar per kelas dengan komposisi sesuai jenjang kelas yang telah ditetapkan satuan pendidikan. Jumlah peserta kelompok belajar disesuaikan dengan ketentuan protokol kesehatan yaitu maksimal 18 peserta didik dalam satu ruang kelas.

3. Menentukan durasi waktu sesi PTM terbatas sesuai dengan jenjang kelas yang telah ditetapkan satuan pendidikan untuk mengurangi risiko penularan.

Baca juga: Mahasiswa Semester Akhir, Buruan Daftar Beasiswa Skripsi Tahap II

4. Menyusun jadwal PTM terbatas sesuai dengan aturan jumlah PTM terbatas setiap minggu yang telah ditetapkan satuan pendidikan

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X