Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa FK Unair Jadi Putri Pendidikan Jawa Timur

Kompas.com - 22/06/2021, 21:54 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Mahasiswa Universitas Airlangga (Unair) kembali mencetak prestasi yang membanggakan.

Kali ini, Firda Iragama Wessels, mahasiswa Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Fakultas Kedokteran (FK) Unair berhasil menjuarai ajang pemilihan Putra-Putri Pendidikan Jawa Timur.

Baca juga: Peserta Ujian Jalur Mandiri Unair Wajib Bawa Hasil Swab Antigen

Sebagai dokter, kata Firda, dirinya termotivasi untuk selalu bermanfaat bagi orang lain.

Dia berharap, dengan terpilih dirinya sebagai Putri Pendidikan Jawa Timur 2021, maka bisa memberikan banyak sumbangsih bagi kemajuan pendidikan di Jawa Timur, khususnya di bidang edukasi dan kesehatan.

Terinspirasi dari banyaknya anak-anak kurang mampu di daerahnya, dia menggagas gerakan berbagi buku dan kelas gratis di Surabaya yang bertajuk Gerakan Seribu Buku.

Selain program itu, dia juga mengusung dua program advokasi lain dalam ajang tersebut, yakni Aplikasi Promil dan Tanya ke Dokter yang berfokus pada edukasi kesehatan masyarakat.

Dari semua itu, Firda mendapatkan banyak pengalaman dan relasi dari rekan-rekan seperjuangannya.

Baca juga: PPN Sembako, Ekonom Unair: Bisa Perluas Kemiskinan

"Dari ajang itu aku bisa mendapatkan pelajaran dari banyak teman yang advokasinya keren-keren, juga mendapat perspektif baru dari kontestan yang sudah sering mengikuti beauty pageant," ujar Firda melansir laman Unair, Selasa (22/6/2021).

Firda bercerita ada pengalaman unik yang sempat dirasakannya, ketika dia harus bergegas ke rumah sakit sebelum pelaksanaan grand final dimulai.

Yakni, ada pasien yang ditanganinya mengalami kondisi yang buruk.

"Sebagai dokter, aku juga harus bertanggungjawab dengan pasien aku. Tadinya muncul keinginan untuk mundur aja dari grand final karena kepikiran pasien, tapi alhamdulillah semua teratasi," jelas dia.

Setelah dinobatkan menjadi Putri Pendidikan Jawa Timur 2021, dia berkomitmen tidak akan mengesampingkan pekerjaannya sebagai dokter dan mahasiswa PPDS.

Baca juga: Kasus Anak Anggota DPRD Bekasi, Ini Kata Pakar Hukum Unair

Dia menyebut, sambil merealisasikan program advokasi di tingkat Jawa Timur, dirinya juga sedang mempersiapkan diri untuk mewakili Jawa Timur dalam ajang Putra-Putri Pendidikan tingkat Nasional 2021.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com