Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

UPN Veteran Jakarta, PTN Pertama Buka Jalur Khusus YouTuber

Kompas.com - 22/06/2021, 14:25 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Seperti tahun-tahun sebelumnya, UPN Veteran Jakarta kembali membuka Jalur Prestasi Khusus YouTube Content Creator atau YouTuber pada jalur masuk seleksi mandiri penerimaan mahasiswa baru.

Walaupun diawal jalur ini dipublikasikan kepada masyarakat luas menuai banyak polemik.

Baca juga: Berikut Rincian Biaya Kuliah Jalur Mandiri di UPN Veteran Jakarta

Tapi, UPN Veteran Jakarta mampu membuktikan kepada masyarakat bahwa jalur prestasi khusus YouTuber ini, bisa membuka kesempatan dan menjadi wadah bagi para kreator muda dalam berkarya dan menyalurkan bakat yang dimilikinya.

Wakil Rektor Bidang Akademik UPN Veteran Jakarta, Antar Venus mengatakan, dengan adanya jalur ini tentunya akan menjadi wadah bagi para kreator muda negeri ini.

Khususnya, kata dia, bagi YouTuber untuk berkarya dan tentunya meningkatkan kualitas di universitas.

"Dengan adanya jalur ini akan menjadi suatu pembeda untuk PTN lainnya, karena kita menjadi kampus yang menampung ide-ide kreatif para anak muda," ucap dia melansir laman UPN Veteran Jakarta, Selasa (22/6/2021).

Untuk jalur YouTuber ini, dia memastikan konten video yang menjadi syarat ketentuan UPN Veteran Jakarta adalah video asli hasil karya para peserta dan tentunya bisa dipertanggungjawabkan.

"Selain itu harus memiliki unsur komunikatif, inovatif, kreatif dan yang terpenting adalah edukatif, karena kriteia tersebutlah yang paling kami butuhkan," jelas Venus.

Baca juga: UPN Jogja Buka Prodi Magister Pertambangan, Cek Syarat dan Biayanya

Dalam ajang Jalur Prestasi YouTuber ini, UPN Veteran Jakarta telah menunjuk dua dewan juri yang menjadi penguji, yakni Fitria Ayuningtias dan Firdaus Noor.

Fitria menjelaskan, syarat dan ketentuan yang menjadi perhatian para peserta Jalur Prestasi YouTuber ini, yakni video yang dibuat adalah hasil karya original peserta seleksi mandiri UPN Veteran Jakarta Tahun 2021.

Lalu, kata dia, musik atau lagu yang digunakan dalam video tidak diperkenankan menggunakan ciptaan orang lain (Free Copyright), kecuali ada izin tertulis, termasuk penggunaan gambar/klip.

Kemudian, isi video tidak mengandung unsur SARA, pornografi, dan politik.

Adapun tema yang dibuat dapat mengikuti tema yang ditentukan atau tema lainnya yang terkait fokus konten channel yang dimiliki.

"Tema di tahun ini, yakni "Berkarya di Tengah Pandemi". Syarat dan ketentuan lainnya akan menjadi penilaian uji keterampilan YouTuber ini," jelas dia.

Baca juga: Intip Daya Tampung 19 Prodi UPN Veteran Jakarta di Seleksi Mandiri

Dia menyebut, uji keterampilan Seleksi Mandiri UPN Veteran Jakarta para YouTuber berjalan dilaksanakan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com