Kompas.com - 23/06/2021, 10:14 WIB
Kumpulan mahasiswa ITS menampilkan aplikasi startup CariKado yang mereka rancang. DOK. ITSKumpulan mahasiswa ITS menampilkan aplikasi startup CariKado yang mereka rancang.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Seringnya seseorang kebingungan mencari sebuah hadiah atau kado yang sesuai, menginspirasi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk memberi solusi dengan merancang startup bernama CariKado.

Berkat ide menariknya, startup anyar ini berhasil mendapatkan pendanaan dari Akselerasi Startup Mahasiswa Indonesia (ASMI) 2021.

Baca juga: ITS Peringkat Tiga Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia

CariKado merupakan marketplace hadiah custom dengan variasi kategori dari produk serta layanan rekomendasi pilihan hadiah berbasis Artificial Intelligence (AI).

"Dengan CariKado, kita bisa mencari hadiah yang unik dan sesuai dengan anggaran masing-masing," kata Ketua Tim CariKado, Rofita Siti Musdalifah melansir laman ITS, Rabu (23/6/2021).

Dia menjelaskan, cukup berbeda dengan marketplace sejenis lainnya, CariKado menawarkan banyak fitur menarik untuk para pengguna.

Terdapat layanan filter dan kategori hadiah yang sudah disesuaikan dengan kebutuhan pembeli.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, juga ada layanan custom hadiah, serta rekomendasi pilihan hadiah.

"Pengguna akan mendapatkan pengalaman berbeda karena kami sangat memperhatikan user experience bagi para pengguna," tegas Rofita.

Dia mengaku, marketplace CariKado didukung dengan teknologi AI berupa chatbot, robot virtual yang dapat memahami serta memproses permintaan pengguna.

Baca juga: Ini Manfaat Wedang Uwuh Kata Guru Besar Unnes

Adanya chatbot ini membantu pembeli untuk menentukan hadiah melalui beberapa pertanyaan yang akan diajukan oleh bot.

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.