Kompas.com - 07/06/2021, 19:08 WIB
Ilustrasi Kampus Shutterstock.comIlustrasi Kampus
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Upaya Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) untuk mengusung kampus menjadi world class university bukanlah main-main.

Pandemi Covid-19 yang sudah setahun lebih ini pun tidak menghalangi ITS untuk terus berkembang pesat yang dibuktikan dengan diraihnya peringkat ketiga sebagai perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi Times Higher Education (THE).

Baca juga: 9 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia Versi THE Asia University Rankings 2021

THE sendiri merupakan lembaga kredibel penyaji data kinerja universitas di kancah internasional yang bekerja sama dengan Quacquarelli Symonds (QS).

Menurut The Globe and Mail, THE merupakan salah satu Asia University Rankings (AUR) yang bisa dibilang paling berpengaruh yang diadakan setiap tahunnya atau biasa disebut THE AUR.

Berdasarkan pemeringkatan tahun ini, keunggulan dan kualifikasi ITS ditunjukkan dengan ditempatinya posisi ketiga terbaik se-Indonesia dengan perolehan rata-rata 21,7-24,4.

Namun, tidak cukup sampai di sana, ITS juga berhasil mencapai posisi 351 – 400 terbaik se-Asia dalam THE AUR 2021 dengan nilai rata-rata 22,94.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Senior Manager of ITS Global Engagement Office on World Class University Affairs, Rulli Pratiwi Setiawan menyampaikan lima kriteria yang dinilai dalam pemeringkatan THE AUR.

"Ada kriteria teaching (pengajaran), research (penelitian), citations (sitasi), international outlook (pandangan internasional), dan industry income (pendapatan industri)," ucap dia melansir laman ITS, Senin (7/6/2021).

Lanjut dia mengatakan terkait bobot masing-masing kriteria yang diukur melalui persentase.

Di mana, persentase kriteria teaching sebesar 25 persen, research sebesar 30 persen, citations sebesar 30 persen, international outlook sebesar 7,5 persen, dan industry income sebesar 7,5 persen.

Baca juga: Unpad Masuk Jajaran 9 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.