Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Peluang Kerja Lulusan FPIK Undip, Ada Program Menyelam Juga Lho

Kompas.com - 22/06/2021, 15:19 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika kamu hobi berenang dan punya minat untuk belajar menyelam, ada program menarik yang dimiliki Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Diponegoro Semarang.

Melalui program training dan sertifikasi Selam Keahlian di Kepulauan Karimunjawa Jepara, mahasiswa bisa dilatih menyelam scuba dan tersertifikasi

Program ini terlaksana berkat kerja sama dengan Kwansei Gakuin University (KGU) Jepang dan menjadi program yang cukup diminati para mahasiswa reguler maupun mahasiswa asing.

"Program traning yang disebut Introduction to Scientific Diving ini sudah berjalan 4 tahun, sejak 2016 hingga 2019. Namun berhenti karena pandemi Covid-19," kata Dosen prodi Ilmu Kelautan FPIK Undip Dr. Munasik seperti dikutip dari laman Undip, Selasa (22/6/2021).

Baca juga: Biaya Kuliah Prodi Saintek Jalur Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya

Mahasiswa bisa menyelam bersertifikasi

Munasik menerangkan, kegiatan training ini adalah Kuliah Musim panas, Summer Course dihargai dengan 1-2 Satuan Kredit Semester (SKS).

Capaian pembelajaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa mampu menyelam scuba dan tersertifikasi sebagai Open Water Diver dari Association of Diving School International ADS-I.

Selain itu para dosen juga memberikan materi kuliah tentang ekosistem kelautan tropis yaitu terumbu karang, mangrove dan lamun.

"Di samping memberikan training scuba diving, para dosen juga mendidik mereka untuk peduli terhadap ekosistem laut, mengunjungi ekosistem pesisir dan pulau-pulau kecil dan terlibat dalam perbaikan terumbu karang," imbuhnya.

Baca juga: Tips Belajar Bahasa Inggris ala Alumni Unikama

Terlibat kegiatan kemanusiaan

Keahlian menyelam inilah yang membuat mahasiswa FPIK Undip diminta bantuan Tim SAR Jawa Tengah untuk membantu operasi pencarian korban tenggelam perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedung Ombo Boyolali pertengahan Mei lalu.

Selain itu mahasiswa Undip juga dilibatkan dalam beberapa kegiatan kemanusiaan lainnya yang berhubungan dengan kecelakaan di air.

Program tersebut adalah salah satu program unggulan lainnya yang dimiliki Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Undip yang memiliki 6 departemen, meliputi Departemen Akuakultur, Departemen Sumber Daya Akuatik, Departemen Perikanan Tangkap, Departemen Kelautan, Departemen Oseanografi dan Departemen Teknologi Hasil Perikanan.

Baca juga: Orangtua, Ajarkan Anak Budaya Mengantre Saat Pandemi dengan Cara Ini

Selain itu, para alumni FPIK Undip juga tersebar di seluruh penjuru Indonesia dan di berbagai bidang baik di pemerintahan, pedidikan, Kesehatan, TNI, perusahaan swasta, BUMN maupun wirausahawan.

"Ini menunjukkan bahwa lulusan FPIK Undip memiliki peluang untuk bekerja di berbagai bidang", imbuh Dekan FPIK Undip Prof. Tri Winarni Agustini.

Peluang kerja lulusan FPIK Undip

Lebih lanjut Tri Winarni menyampaikan, mahasiswa tidak hanya belajar yang berkaitan dengan keilmuan, tetapi juga diberikan materi yang berkaitan dengan manajemen dan bisnis.

Baca juga: Disdik DKI Jakarta: Manfaat dan Usia Ideal Anak Masuk Sekolah PAUD

Lulusan FPIK Undip tidak sebatas menyelami perairan, namun mampu berselancar ke berbagai dunia kerja dan memiliki banyak peluang, antara lain:

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com