Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gagal SBMPTN 2021? Berikut Tips Anti Galau ala Ketua LTMPT

Kompas.com - 17/06/2021, 09:49 WIB
Mahar Prastiwi,
Dian Ihsan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hasil Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021 telah diumumkan awal pekan ini. Selamat bagi ribuan peserta yang berhasil lolos dan masuk ke perguruan tinggi negeri idamannya.

Namun banyak pula peserta yang belum berhasil masuk ke perguruan tinggi melalui jalur SBMPTN 2021.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) yang sekaligus Rektor Universitas Airlangga (Unair, Prof. Mohamad Nasih mengatakan, dari total 777.858 peserta yang terdaftar sebagai peserta SBMPTN 2021, sebanyak 184.942 dinyatakan lolos SBMPTN 2021. Hanya 23,78 persen peserta yang lolos SBMPTN 2021.

"Jadi yang diterima ada 184.942 saja, sedangkan yang ditolak 500.000 lebih," ungkap Prof. Nasih dalam talkshow bersama Komunitas Sentra Vidya Utama (Sevima) yang diadakan secara virtual, Rabu (16/6/2021).

Baca juga: Daftar Beasiswa PTPN XI, Kuliah D3/D4 Plus Dapat Laptop Gratis

Menurut Nasih, bagi peserta yang belum lolos SBMPTN 2021 tak perlu khawatir, karena masih banyak jalan yang bisa diraih. "Harus bersabar dan tetap optimis," kata Ketua LTMPT.

Selain memberikan semangat, Nasih juga memberikan beberapa tips dan pesan-pesan agar bisa move on bagi peserta SBMPTN 2021 yang belum beruntung.

Berikut lima tips anti galau dari Ketua LTMPT Nasih.

1. Tetap optimis, yakinlah kegagalan bukan akhir dunia.

Nasih mengungkapkan, banyak yang mengira, gagal SBMPTN adalah beban yang sangat mendalam. Padahal gagal SBMPTN bukan berarti gagal kehidupan. Masih banyak orang yang tidak kuliah tapi bisa sukses. Maka dari itu, gagal di SBMPTN ini jangan sampai bikin terpuruk.

Baca juga: Lolos SBMPTN 2021? Peserta KIP Kuliah Harus Lolos Verifikasi Dulu

Kesuksesan hidup bisa diraih dengan banyak cara. Misalnya dengan menempuh jurusan lain yang tidak linier, studi di kampus negeri maupun swasta lainnya, serta tidak menutup kemungkinan tanpa bangku perkuliahan.

"Gagal SBMPTN bukan berarti gagal seperti putus cinta, yang mengalami kegagalan tersebut bukan kalian saja. Masih banyak di luar sana teman seperjuangan yang gagal juga. Untuk itu tetaplah optimis. Kegagalan ini bukan akhir dunia, banyak juga orang sukses tanpa kuliah, intinya semua sudah ada rezekinya masing-masing," terang Nasih.

Baca juga: 1.899 Calon Mahasiswa Baru ITS Diterima Lewat Jalur SBMPTN 2021

2. Tetap bersabar, karena kamu tak sendiri

Dalam tes SBMPTN ini hanya 184.942 saja yang diterima. Ada 500.000 orang lebih tidak lolos pada jalur ini. Calon mahasiswa bisa belajar bersama dan saling menyemangati untuk menghadapi tes masuk selanjutnya.

"Melihat dari jumlah peserta yang diterima ini, bisa disimpulkan bahwa kalian tak sendiri, dan ini peluang bagi teman-teman untuk belajar bersama," jelas pria yang juga menjadi Rektor Unair.

3. Refleksi diri dengan nilai hasil UTBK

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com