Kompas.com - 17/06/2021, 08:31 WIB
Ilustrasi matematika DOK. PIXABAYIlustrasi matematika
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Jurusan Matematika pasti sudah tak asing lagi dengan Mata Kuliah Statistika dan Software Statistical Package for the Social Sciences (SPSS).

Yuk, pahami lebih lanjut tentang SPSS yang kerap digunakan untuk analisis statistik!

Salah satu mata kuliah yang ada di Jurusan Matematika adalah statistik. Mata Kuliah Statistik mempelajari cara pengumpulan, peringkasan, penyajian, dan analisis data.

Baca juga: 5 Mahasiswa Unair Lolos SBMPTN 2021 Berusia 16 Tahun

Oleh karena itu, mata kuliah ini erat dikaitkan dengan jumlah data yang banyak. Untuk melakukan analisis statistika tingkat lanjut, kamu bisa menggunakan aplikasi Statistical Package for the Social Sciences atau SPSS.

Apa itu SPSS? Mari pahami lebih lanjut bersama Institut Teknologi Batam (Iteba), institusi pendidikan tinggi di bidang sains, teknologi dan desain, berbasis di Batam, Kepulauan Riau. Simak ulasannya berikut yang dikutip Kompas.com, Kamis (17/6/2021).

Sejarah SPSS

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

SPSS sangat populer di kalangan statistikawan untuk membantu melakukan perhitungan terkait analisis data. SPSS dirilis pertama kali tahun 1968 setelah dikembangkan Norman H. Nie, ilmuwan politik pascasarjana di Stanford University dan C. Hadlai Hull.

SPSS seringkali digunakan untuk berbagai riset pemasaran, pengendalian dan perbaikan mutu (quality improvement), serta riset-riset sains.

Pertama kali, SPSS muncul dengan versi desktop dengan nama SPSS/PC+.

Namun, seiring dengan tingkat popularitasnya, SPSS muncul di sistem operasi windows, mulai dari versi 6.9 hingga versi terbaru saat ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X