Kompas.com - 17/06/2021, 07:16 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Rektor Universitas Andalas (Unand), Yuliandri mengatakan, usulan proses peralihan status Unand dari Badan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) telah memasuki tahap akhir.

Salah satu dasar hukum untuk perolehan status ini ditandai dengan keluarnya Peraturan Pemerintah (PP) tentang PTN-BH Unand.

Baca juga: Atlet Tak Sadarkan Diri Saat Olahraga, Berikut Kata Pakar Unair

"Di mana prosesnya saat ini sudah disetujui, itu dinamakan dengan harmonisasi dan pembulatan dari Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang PTN-BH," kata Rektor Yuliandri melansir laman Unand, Kamis (17/6/2021)

Dia mengaku, proses peralihan status ini dikatakannya sudah berlangsung semenjak 2016.

"Mudah-mudahan minggu ini atau minggu depan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) akan mengirimkan RPP PTN-BH Unand ke Presiden untuk ditetapkan," sebut dia.

Lanjut dia menyampaikan, dengan perubahan status ini akan membuka ruang untuk Unand bisa lebih otonom, baik dalam bidang akademik seperti pendirian Program Studi (Prodi) maupun melakukan berbagai kerja sama dan akivitas lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan tujuan, agar bisa meningkatkan dan mengembangankan baik proses pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Baca juga: Rektor IPB Harap Kampus Masuk Peringkat 400 Terbaik Dunia

"Dengan perubahan status ini, maka pengembangan Unand bisa lebih ditingkatkan terutama daya saing baik ditingkat regional, nasional maupun internasional," sebut Rektor Unand.

Dia mengungkapkan, dari awal Unand merupakan salah satu dari tiga PTN yang disiapkan untuk menjadi PTN-BH oleh Kemendikbud Ristek.

Tiga PTN itu, sebut dia, seperti Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta yang sudah menjadi PTN-BH.

Lalu ada Universitas Brawijaya (UB) dan Unand yang prosesnya sudah memasuki tahap akhir.

Dia mengungkapkan, salah satu target yang dibebankan kepada perguruan tinggi nantinya, yakni bagaimana percepatan prestasi ketika sudah berstatus PTN-BH.

"Makanya ini yang menjadi tanggung jawab bersama menjelang akhir tahun terutama dalam menyiapkan semua instrumen dan melakukan proses transisi anggaran," tegas Rektor.

Baca juga: Kriteria Hewan Ternak Layak Kurban Menurut Pakar UGM

Dia berharap dalam proses dan tekad yang kuat secara bersama-sama, bisa mewujudkan mimpi Unand untuk menjadi PTN-BH.



Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X