Kompas.com - 07/06/2021, 17:07 WIB
Kegiatan siswa SMPN 1 Yogyakarta menggantungkan mimpi dan harapan setelah mempresentasikan di depan teman-temannya pada simulasi sekolah tatap muka. DOK.Pribadi Niken SasantiKegiatan siswa SMPN 1 Yogyakarta menggantungkan mimpi dan harapan setelah mempresentasikan di depan teman-temannya pada simulasi sekolah tatap muka.
|

KOMPAS.com - Ada yang menarik di sekolah yang satu ini. Ketika melaksanakan simulasi Pembelajaran Tatap Muka (PTM), SMPN 1 Yogyakarta juga menerapkan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK).

Dalam pendidikan karakter itu, pihak sekolah menekankan 5 nilai karakter yang harus dikuatkan pada siswa. Apa saja itu?

Menurut Kepala SMPN 1 Yogyakarta, Y Niken Sasanti, lima nilai karakter itu ialah religius, nasionalis, mandiri, gotong royong, dan integritas.

Baca juga: Siswa SMP Rentan Cyber Bullying, Ini 10 Ragam Perilakunya

Adapun penguatan pendidikan karakter itu harus diberikan kepada anak didik karena selama mengikuti pembelajaran daring dari rumah, pendidikan karakter mungkin terabaikan.

Latih siswa sekolah tatap muka

Dijelaskan, PPK ini juga diberikan pada 9 sekolah lain di bawah Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kota Yogyakarta.

"Kebetulan SMPN 1 Yogyakarta menjadi salah satu sekolah dari 10 sekolah yang melaksanakan simulasi PTM di lingkungan Dindikpora Kota Yogya," ujar Niken, Senin (7/6/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Simulasi PTM dilaksanakan dua tahap. Tahap pertama pada 29 April – 7 Mei 2021. Sedangkan tahap kedua pada 27 Mei – 4 Juni 2021.

Tentu simulasi ini dimaksudkan untuk melatih para siswa beradaptasi mengikuti sekolah tatap muka sekaligus penguatan pendidikan karakter meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dalam simulasi ini para siswa belajar di sekolah secara tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan sesuai standar.

Namun yang lebih ditekankan bukan pada banyaknya materi pelajaran yang diberikan kepada siswa, tetapi lebih kepada pembiasaan siswa beradaptasi belajar di sekolah meski di tengah pandemi Covid-19 ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.