Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mahasiswa FISIP Universitas Jember Bisa Kuliah di 7 PTN

Kompas.com - 12/05/2021, 19:52 WIB
Dian Ihsan

Penulis

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember sepakat menjalin kerjasama dengan tujuh FISIP Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Kerjasama ini akan mulai terlaksana mulai awal semester depan.

Baca juga: ITS Perluas Kerjasama dengan Turki

Yakni, FISIP Universitas Lampung, FISIP UPN Veteran Yogyakarta, FISIP Universitas Sam Ratulangi Manado, FISIP Universitas Sriwijaya Palembang, FISIP Universitas Nusa Cendana Kupang, FISIP Universitas Bangka Belitung, FISIP Universitas Bengkulu, dan FISIP Universitas Palangkaraya.

"Dengan adanya kesepakatan ini maka mahasiswa FISIP Universitas Jember bisa mengambil mata kuliah di tujuh FISIP PTN," kata Dekan FISIP Universitas Jember Djoko Poernomo melansir laman Universitas Jember, Rabu (12/5/2021).

Dia menjelaskan, langkah menjalin kerjasama dengan tujuh institusi FISIP ini selaras dengan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang digagas oleh Kemendikbud Ristek.

Di mana Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di perguruan tinggi lain.

"Termasuk kesempatan bagi dosen menjalin kerjasama di bidang pengajaran, riset dan pengabdian kepada masyarakat dengan koleganya, tanpa dibatasi ruang dan waktu," ucap dia.

Menurut dia, setiap FISIP tentu memiliki kekhasan dan keunggulan masing-masing, baik dari sisi sumber daya manusia maupun dari keunggulan yang berbasis dari visi dan misi masing-masing FISIP.

Baca juga: Sosiolog Unair Jelaskan Efek Larangan Mudik bagi Masyarakat

"Keunggulan yang jika dikolaborasikan maka akan saling menguntungkan,” tutur Djoko Poernomo.

Untuk diketahui kerjasama delapan FISIP PTN ini direncanakan dimulai untuk semester gasal tahun akademik 2021/2022, namun untuk beberapa kerjasama sudah berjalan.

"Bahkan khusus kerjasama dengan FISIP Universitas Sriwijaya sudah berjalan untuk semester ini, sudah ada dosen kami yang memberikan kuliah secara daring ke mahasiswa FISIP Universitas Sriwajaya dan sebaliknya," jelas dia.

Wakil Dekan I FISIP Universitas Lampung, Dedi Hermawan mendukung jalinan kerjasama delapan FISIP PTN ini.

Menurut dia, pandemi Covid-19 membatasi mobilitas, tapi di lain sisi membuka peluang kerjasama yang luas.

Kerjasama ini, lanjut dia, tidak hanya terbatas pada program studi yang sama di masing-masing fakultas, tapi terbuka dengan program studi yang berbeda.

Dia mencontohkan, misalnya di FISIP Universitas Lampung tidak memiliki Program Studi Kesejahteraan Sosial sementara di FISIP Universitas Jember belum ada Program Studi Ilmu Pemerintahan.

Baca juga: Universitas Brawijaya Rencanakan Kuliah Tatap Muka di Semester Baru

"Diharapkan kerjasama kali ini akan menjadi pintu bagi kerjasama lain yang lebih luas," pungkas dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com