Kompas.com - 12/05/2021, 19:52 WIB
Ilustrasi mahasiswa SHUTTERSTOCKIlustrasi mahasiswa
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Jember sepakat menjalin kerjasama dengan tujuh FISIP Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Kerjasama ini akan mulai terlaksana mulai awal semester depan.

Baca juga: ITS Perluas Kerjasama dengan Turki

Yakni, FISIP Universitas Lampung, FISIP UPN Veteran Yogyakarta, FISIP Universitas Sam Ratulangi Manado, FISIP Universitas Sriwijaya Palembang, FISIP Universitas Nusa Cendana Kupang, FISIP Universitas Bangka Belitung, FISIP Universitas Bengkulu, dan FISIP Universitas Palangkaraya.

"Dengan adanya kesepakatan ini maka mahasiswa FISIP Universitas Jember bisa mengambil mata kuliah di tujuh FISIP PTN," kata Dekan FISIP Universitas Jember Djoko Poernomo melansir laman Universitas Jember, Rabu (12/5/2021).

Dia menjelaskan, langkah menjalin kerjasama dengan tujuh institusi FISIP ini selaras dengan Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka yang digagas oleh Kemendikbud Ristek.

Di mana Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka memberikan fleksibilitas bagi mahasiswa untuk mengambil mata kuliah di perguruan tinggi lain.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Termasuk kesempatan bagi dosen menjalin kerjasama di bidang pengajaran, riset dan pengabdian kepada masyarakat dengan koleganya, tanpa dibatasi ruang dan waktu," ucap dia.

Menurut dia, setiap FISIP tentu memiliki kekhasan dan keunggulan masing-masing, baik dari sisi sumber daya manusia maupun dari keunggulan yang berbasis dari visi dan misi masing-masing FISIP.

Baca juga: Sosiolog Unair Jelaskan Efek Larangan Mudik bagi Masyarakat

"Keunggulan yang jika dikolaborasikan maka akan saling menguntungkan,” tutur Djoko Poernomo.

Untuk diketahui kerjasama delapan FISIP PTN ini direncanakan dimulai untuk semester gasal tahun akademik 2021/2022, namun untuk beberapa kerjasama sudah berjalan.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X