Kompas.com - 12/05/2021, 17:13 WIB
Ilustrasi perkuliahan ThinkstockIlustrasi perkuliahan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setelah mendapat lampu hijau dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Riset), Universitas Brawijaya (UB) memutuskan akan melakukan pembelajaran luar jaringan (luring).

Kebijakan ini hanya berlaku bagi mahasiswa semester 1dan 3. Pembelajaran luring ini dilakukan setelah memperhatikan sejumlah pertimbangan dan kondisi yang dimiliki UB. 

Rektor UB Prof. Nuhfil Hanani mengungkapkan, perkuliahan luring ini memperhatikan kondisi yang ada. Sementara ini UB mengambil sikap dengan beberapa pertimbangan, seperti sejauh mana level pandemi dan kampus utama yang mempunyai mahasiswa dengan jumlah banyak.

"Kalau semua masuk kota Malang jadi penuh, kampus dan fakultas pun juga akan menjadi penuh," kata dia seperti dikutip dari laman Universitas Brawijaya, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: UMM Buka Jalur Reguler Prodi Kedokteran dan Farmasi, Cek Informasinya

Hanya berlaku bagi mahasiswa semester awal

Dia menekankan, agar tidak berjubel masuk ke UB, selain mahasiswa semester awal yang sedang melakukan penelitian dan skripsi, bisa melakukan tatap muka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Mata kuliah yang ada juga dibatasi. Waktunya yang biasa dua jam dibatasi menjadi satu jam. Sistem kuliah menjadi kolaborasi atau project base. Sehingga kerumunan bisa dijaga dan mengedepankan protokol Covid-19," imbuh Nuhfil.

Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Aulanni’am menjelaskan, meskipun sudah ada kebijakan tatap muka namun hanya 25 persen mahasiswa yang diizinkan untuk tatap muka di kelas.

"Rencananya untuk semester depan yang sudah pasti adalah untuk angkatan 2020. Karena menurut kami sejak mereka menjadi mahasiswa baru satu tahun lalu. Mereka belum pernah mengenal siapa dosennya dan bagaimana kampusnya," beber Aulanni’am.

Baca juga: Siswa, Ini Alasan Literasi Baca Tulis Penting Dikuasai

Tatap muka harus penuhi prokes

Profesor bidang Ilmu Biokimia ini menambahkan, jika pembelajaran dilakukan luring harus memenuhi protokol kesehatan.

Seperti menyediakan wastafel, menggunakan masker, duduk berjarak satu meter, dan menggunakan ruangan yang mempunyai sirkulasi udara bagus.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X