Kompas.com - 12/05/2021, 15:26 WIB
Ilustrasi pengusaha muda. Dok. Shutterstock/Odua ImagesIlustrasi pengusaha muda.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Bayu M Anggara, alumnus IPB dari Departemen Teknologi Hasil Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK), menjadi salah satu pendiri dari startup FishLog.

Ini merupakan platform transformasi digital logistik dan pengolahan yang terintegrasi bagi petambak ikan dan nelayan.

Baca juga: Tips Redakan Stres ala Pakar IPB

Saat ini, FishLog memiliki lebih dari 20 cold storage yang tersebar di seluruh Indonesia dan lebih dari 40 usaha kecil menengah (UKM) Perikanan di Jabodetabek.

Dia bercerita, dirinya memiliki kedua orangtua yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS) menjadi guru SD. Dia juga memiliki kakak yang kerja menjadi PNS.

"Namun, saya memutuskan untuk tidak jadi PNS, bukan karena tidak ingin. Karena ketika kuliah, mindset saya dibangun dengan sudut pandang entrepreneur (menjadi wirausaha) yang keren," kata dia melansir laman IPB, Rabu (12/5/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baginya, bilang dia, menjadi wirausaha sangat keren. Hal itu dikarenakan dapat membantu banyak orang dan berdampak sekali bagi orang lain.

Dia mengaku, menjadi wirausaha tidak pernah diajari oleh kedua orangtuanya.

Namun, dia mempelajari itu karena merasa butuh agar bisa menjadi wirausaha.

Saat memulai menjadi wirausaha, dia memulainya dari industri yang dipahami, yakni dunia perikanan.

Akhirnya jiwa wirausaha itu tumbuh dari mindset dan minat belajar yang tinggi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X