Kompas.com - 12/05/2021, 19:19 WIB
Ilustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi ShutterstockIlustrasi mahasiswa, kampus, universitas, perguruan tinggi
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) akan memperluas jalinan kerjasama, salah satunya melakukan penjajakan hubungan baik dengan Turki.

Lewat Kedutaan Besar Republik Indonesia (Kedubes RI) untuk Turki, ITS membahas potensi kerjasama dengan Universitas dan Perusahaan di Turki pada Senin (10/5/2021).

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini 10 PTN dengan Kuota Jalur Mandiri Terbanyak

Rektor ITS, Mochamad Ashari menyambut antusias rencana kerjasama dengan Turki. Meski sebenarnya sudah pernah bekerjasama dengan Turki, salah satunya melalui pertukaran mahasiswa, dosen, dan tenaga kependidikan ke beberapa universitas di Turki.

"Program internasional Community and Technological Camp (CommTECH) Insight yang digelar ITS juga telah diikuti oleh beberapa mahasiswa dari universitas di Turki," sebut dia melansir laman ITS, Rabu (12/5/2021).

Ashari mengenalkan kampus ITS dan Science Technopark ITS kepada delegasi Kedubes RI di Turki.

Dia memaparkan, Science Technopark ITS terfokus pada empat industri unggulan yakni di bidang robotika, otomasi, industri kreatif, dan maritim.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saat ini Science Technopark ITS sudah menghasilkan beberapa inovasi, kami harap dengan adanya kerja sama ini, Science Technopark dapat berkembang lagi," ujar dia.

Melihat keseriusan ITS untuk memperluas jalinan kerjasama, Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhammad Iqbal menyampaikan empat hal terkait kerjasama dengan ITS.

Pertama, dia telah berbicara dan bernegosiasi dengan beberapa perusahaan teknologi ternama di Turki, agar mahasiswa ITS mempunyai alokasi khusus untuk dapat magang di perusahaan tersebut.

Kedua, Dubes RI untuk Turki tersebut juga merekomendasikan dan membantu ITS, agar dapat menjalin kerjasama dengan beberapa universitas terbaik di Turki.

Baca juga: ITS Buka Penerimaan Mahasiswa Baru Lewat Jalur SKMP

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X