Kompas.com - 10/05/2021, 08:14 WIB
Seorang warga tengah mengecek tanaman brokoli di Lembang saat peluncuran Kick-off Petani Milenial. KOMPAS.com/RENI SUSANTISeorang warga tengah mengecek tanaman brokoli di Lembang saat peluncuran Kick-off Petani Milenial.
|

KOMPAS.com - Sebelumnya, petani masih didominasi kalangan orang yang sudah tua. Tetapi, kini mulai bergerak dengan adanya petani milenial.

Seperti halnya di IPB University, ada 31 persen mahasiswa baru (maba) IPB yang tertarik menjadi enterpreneur. Oleh karena itu pihak kampus akan memfasilitasi semua mahasiswanya terutama yang tertarik bisnis di bidang pertanian.

Hal ini diungkapkan Rektor IPB University, Prof Arif Satria seperti dilansir dari laman IPB University, Sabtu (8/5/2021).

Baca juga: Bantu Petani Garam, Mahasiswa ITS Gagas Inovasi SHASA

Sediakan lahan seluas 40 hektar

Saat kembali mengunjungi kebun Percobaan Sukamantri, Prof. Arif Satria mengatakan, lahan di Sukamantri telah sepenuhnya dimanfaatkan.

Lahan seluas 40 hektar tersebut dimanfaatkan untuk penelitian, magang, produksi dan bisnis.

"Bisnis ini dalam arti, kita menyediakan lahan untuk calon petani milenial. Upaya ini dilakukan agar mahasiswa IPB University dapat menjadi petani milenial," ujar Prof Arif.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Rektor IPB, mahasiswa yang tertarik berbisnis di bidang pertanian, akan disediakan lahannya, sehingga para mahasiswa dapat belajar bertani di lahan tersebut dari hulu sampai hilir.

Maka diharapkan dengan adanya fasilitas tersebut, para mahasiswa dapat menjadi petani milenial yang tangguh setelah lulus.

Dekan Fakultas Pertanian IPB University, Dr. Sugiyanta menjelaskan Kebun Percobaan IPB Sukamantri dijadikan sebagai kebun buah-buahan dan agrowisata.

Adapun komoditas utama yang ditanam meliputi durian, alpukat, lengkeng, dan pisang. Di samping itu, di sekeliling kebun turut dikembangkan usaha nursery tanaman hias.

Baca juga: Mahasiswa ITS Bagikan Tips Memulai Bisnis

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X