Kompas.com - 10/05/2021, 03:37 WIB
Ilustrasi peluang bisnis digital. ThinkstockIlustrasi peluang bisnis digital.
|

KOMPAS.com - Kini, bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Tentu karena adanya teknologi digital yang membuat semua bisa dilakukan dengan mudah.

Terlebih bagi para mahasiswa yang ingin memulai bisnis harus memikirkan dengan matang. Tetapi, tak sedikit yang ragu lantaran risikonya cukup besar.

Tetapi lain bagi salah satu mahasiswa Departemen Matematika Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Lustian Ratri Khorotu Aini.

Baca juga: Manfaatkan Waktu Luang, Mahasiswa IPB Coba Bisnis Ini

Mahasiswi ini memiliki bisnis karena mau mencoba dan berusaha. Untuk itulah dia membagikan tips bagi mahasiswa lain yang ingin memulai bisnis.

Dalam gelaran Fakultas Sains dan Analitika Data Talk, Lustian menjelaskan bahwa wirausaha adalah perilaku bisnis yang menciptakan ide usaha untuk menambah nilai jual suatu produk.

Tentu harus berbeda dengan pedagang yang hanya bertujuan menjual produk saja, dan setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk berwirausaha.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Berwirausaha ini bisa menjadi pekerjaan sampingan bagi orang dengan profesi apapun," ungkap mahasiswa yang akrab disapa Ratri ini seperti dikutip dari laman ITS, Minggu (9/5/2021).

Menurut Ratri, ada dua hal utama yang berpengaruh pada kesuksesan usaha yaitu branding dan selling.

1. Branding ialah upaya untuk membangun citra positif merek atau produk yang dijual agar lebih dikenal masyarakat.

Pengusaha dengan persiapan modal yang cukup bahkan berlebih, disarankan untuk melakukan branding produk terlebih dahulu.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X