Kompas.com - 04/05/2021, 10:45 WIB
Bunda PAUD Nasional sekaligus Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Franka Makarim banyak belajar menjadi orangtua dan mendampingi anak-anak belajar selama pandemi Covid-19 berlangsung. Tangkap layar laman Ruang Guru Paud Kemendikbud.Bunda PAUD Nasional sekaligus Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Franka Makarim banyak belajar menjadi orangtua dan mendampingi anak-anak belajar selama pandemi Covid-19 berlangsung.
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Adanya pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan menyeluruh pada kehidupan manusia.

Termasuk dalam kegiatan pembelajaran siswa di semua jenjang pendidikan. Selama pandemi, orangtua dituntut untuk mendampingi anak-anaknya mengikuti pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Hal ini tentu tidak mudah, mengingat sebagian orangtua juga memiliki aktivitas pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan.

Bunda PAUD Nasional sekaligus Penasihat Dharma Wanita Persatuan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek), Franka Makarim mengungkapkan, selama setahun pandemi Covid-19 berlangsung, dirinya banyak belajar menjadi orangtua yang baik.

Baca juga: Puasa Ternyata Bisa Bikin Awet Muda, Ini Penjelasan Dosen IPB

Franka Makarim banyak belajar

Khususnya dalam mendampingi tiga anaknya yang masih balita.

Apalagi anak-anaknya dalam usia yang membutuhkan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) secara tepat.

Menurut Franka Makarim, salah satu pelajaran yang didapat dari pandemi Covid-19 ini adalah tantangan bagaimana menjadi orangtua di saat anak-anak harus belajar dari rumah (BDR).

"Saya juga belajar banyak selama satu tahun terakhir. Termasuk menyadari betapa besarnya peranan ibu dan bapak guru dalam memastikan anak-anak belajar dan berkembang serta membangun karakter mereka dengan baik," tutur Franka seperti dikutip dari laman Ruang Guru PAUD Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Selasa (4/5/2021).

Baca juga: Anak Usaha Telkom Buka Lowongan Kerja Lulusan D3/S1

Hal ini disampaikan Franka Makarim dalam peringatan Hardiknas 2021 di halaman kantor Kemendikbud Ristek, Minggu (2/5/2021) lalu.

Hardiknas 2021 momentum evaluasi

Dalam kesempatan tersebut, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo menyampaikan, peringatan Hari Pendidikan Nasional adalah momentum yang tepat untuk melakukan evaluasi dan revitalisasi dalam memaknai amanat konstitusi, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X