Kompas.com - 21/03/2021, 18:11 WIB
Pustaka Dongeng Digital karya mahasiswa UIN STS Jambi. DOK.UIN STS JambiPustaka Dongeng Digital karya mahasiswa UIN STS Jambi.
|

KOMPAS.com - Di era yang serba digital, kini ponsel bisa digunakan untuk berbagai hal. Salah satunya menggantikan peran buku sebagai jendela dunia.

Karena, kini ponsel dengan akses internet bisa jadi jendela dunia atau hal-hal terbaru bisa segera didapatkan dari ponsel pinter.

Tak heran jika kini banyak anak-anak lebih tertarik dengan ponsel pintar, daripada buku cerita atau dongeng.

Agar anak-anak tertarik dengan dongeng, mahasiswa PGMI UIN Sulthan Thaha Saifuddin (STS) Jambi meluncurkan pustaka dongeng digital.

Baca juga: Mahasiswa Untar Borong 8 Penghargaan Internasional

Hal ini tentu untuk memperingati Hari Dongeng Sedunia yang dirayakan setiap tanggal 20 Maret.

Adapun pustaka dongeng digital bisa diakses oleh anak di seluruh Indonesia untuk mendengarkan dongeng menarik tanpa bersusah payah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Amirul Mukminin Al Anwary, dosen PGMI UIN STS Jambi, cukup dengan mengakses pustaka dongeng digital, puluhan cerita sudah dapat didengarkan melalui gawai masing-masing.

"Seiring perkembangan teknologi, kegiatan mendongeng saat ini nyaris terlupakan. Padahal banyak manfaat yang bisa didapatkan anak-anak saat mendengarkan dongeng yang dibacakan orangtuanya," ujar Amirul, Sabtu, (20/3/2020).

Dikatakan, mendongeng perlu digalakkan kembali sebagai sarana membentuk karakter generasi masa depan. "Biar anak-anak juga suka membaca, karena tertarik setelah mendengarkan dongeng," katanya.

Dengan memanfaatkan teknologi

Tujuan dari kegiatan ini tentu untuk mengaktifkan kegiatan mendongeng dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.