Kompas.com - 21/03/2021, 14:22 WIB
Ilustrasi perawat. ShutterstockIlustrasi perawat.
|

KOMPAS.com - Tenaga kesehatan menjadi salah satu profesi yang banyak dibutuhkan di dunia kerja. Apalagi dalam kondisi pandemi Covid-19 seperti saat ini, tenaga medis termasuk perawat menjadi tulang punggung sistem layanan kesehatan.

Bagi lulusan Keperawatan atau jurusan lain berkaitan pelayanan kesehatan tentu juga berharap setelah lulus bisa mendapatkan pekerjaan.

Melihat banyaknya lulusan pelayanan kesehatan dan kebutuhan rumah sakit terhadap profesi ini perlu sarana untuk menghubungkan keduanya.

Melihat hal tersebut, Dosen Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga (Unair) Ferry Efendi, S.Kep., Ns., MSc., PhD., membuat start up aplikasi 'Pasar Kerja Perawat'.

Baca juga: Daftar Lengkap Daya Tampung 74 Prodi UPI Jalur SBMPTN 2021

Hubungkan lulusan perawat dengan dunia kerja

Menurut Ferry, melalui aplikasi ini bisa mempertemukan lulusan yang sedang mencari pekerjaan, dengan fasilitas layanan kesehatan yang memiliki lowongan untuk perawat.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Aplikasi "Pasar Kerja Perawat' ini, sambung Ferry, memiliki beberapa fitur. Fitur utamanya adalah informasi lowongan kerja keperawatan. Para pengguna bisa langsung mendapatkan update lowongan kerja perawat yang tersedia saat ini.

"Pengguna juga dapat mencari lowongan sesuai bidang keahlian, misalnya perawat ICU, perawat Covid-19, dan seterusnya," jelas Ferry seperti dikutip dari laman unair.ac.id, Minggu (21/3/2021).

Ferry menambahkan, 'Pasar Kerja Perawat' tidak hanya menyasar para pencari kerja. Tapi juga penyedia kerja.

Baca juga: Apa Itu Prodi Akuakultur dan Prospek Kerjanya? Begini Kata Dosen Undip

Penyedia kerja bisa manfaatkan aplikasi ini

Pihak rumah sakit, klinik, dan penyedia kerja lainnya juga bisa memasang informasi lowongan kerja di aplikasi ini.

Untuk penyedia yang berlangganan fitur premium, para pencari kerja bisa langsung melamar lewat aplikasi. "Hal ini bisa mempermudah proses rekrutmen bagi kedua belah pihak," ungkap Ferry.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X