Kompas.com - 21/03/2021, 14:15 WIB
Ilustrasi mendongeng Unsplash/Ben MullinsIlustrasi mendongeng

KOMPAS.com - Setiap peringatan Hari Mendongeng Sedunia yang jatuh pada tanggal 20 Maret, selalu ada beragam kegiatan dilakukan oleh guru di seluruh pelosok tanah air. Salah satunya, Sampurna.

Hati Sampurna (41), guru SDN 05/V Kuala Tungkal, Tanjab Barat, Jambi tergugah tatkala Hari Mendongeng pada 2021 masih dalam suasana pandemi Covid-19. Banyak anak-anak yang lebih banyak menghabiskan waktu belajar dari rumah. Aktivitas bermain pun juga terbatas.

Namun, untuk menjaga semangat anak-anak belajar di masa pandemi pun bukanlah perkara mudah bagi para orangtua termasuk guru.

Baca juga: Orangtua, Membacakan Dongeng pada Anak Ada Tipsnya Lho...

Untuk menghindari kebosanan anak-anak di sekitar rumahnya, Sampurna bersama suaminya Syahril (41) mengajak anak-anak mendongeng.

"Tak hanya mengusir kebosanan selama belajar dari rumah, kegiatan ini juga menanamkan kesukaan anak-anak pada mendongeng," ujarnya yang juga fasilitator Tanoto Foundation, Sabtu, (20/3/2020).

Mendapatkan dukungan suami

Sampurna yang berasal dari Kelurahan Sriwijaya Ujung, Kabupaten Tanjab Barat, Provinsi Jambi, menghibur anak-anak dengan mendongeng.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia melihat literasi di Indonesia masih kurang didukung dari ketersediaan adanya buku bacaan yang berkualitas bagi anak-anak.

Untungnya, apa yang ia lakukan didukung suami tercintanya. "Suami saya mendukung, dicarikan buku bacaan yang sesuai dengan usia anak-anak," katanya.

Buku-buku yang dibaca anak-anak kebanyakan tidak sesuai dengan usianya, misalnya cara bertanam melon, atau beternak lele.

"Kita banyak temukan seperti itu, makanya saya bersama suami ingin sekali menghadirkan buku berkualitas, terutama yang bisa dibuat mendongeng," tambahnya.

Baca juga: Yuk Mengenal Leonardo da Vinci di Buku Why People? Leonardo da Vinci

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.