Kompas.com - 03/03/2021, 09:00 WIB
ilustrasi sosiologi SHUTTERSTOCKilustrasi sosiologi

KOMPAS.com - Belum lolos untuk ikut Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)? Jangan berputus asa, masih ada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang bisa kalian tempuh.

Sebelum mendaftar SBMPTN, ada baiknya kalian memikirkan lebih jauh program pendidikan (prodi) yang akan dipilih. Termasuk peluang kerjanya setelah kalian lulus.

Nah di kelompok Soshum, ada salah satu prodi yang ada di hampir semua perguruan tinggi. Yakni prodi Sosiologi. Sosiologi itu mempelajari apa saja sih? Dan apa saja prospek kerjanya setelah lulus? Mari kita simak ulasan berikut ini.

Baca juga: 6 Minggu Menuju UTBK-SBMPTN 2021, Yuk Ikut Try-Out Gratis Ini

Merangkum laman Kagama.co, prodi Sosiologi ini dinilai kurang populer dibanding prodi lainnya yang ada di kelompok Soshum. Dari laman LTMPT, peminat prodi Sosiologi di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam SBMPTN 2020 sebanyak 746. Sedangkan daya tampungnya dalam SBMPTN 2021 hanya 27 kursi.

Fokus kajian Sosiologi menyasar banyak aspek. Seperti budaya, politik, ekonomi, lingkungan, pendidikan, pembangunan, sastra,hingga organisasi. Sehingga membuat lulusannya mampu berpikir secara luas.

Secara spesifik mahasiswa Sosiologi banyak menelisik dinamika sosial dan perilaku masyarakat dari berbagai fenomena. Karena cakupan kajiannya cukup luas di ilmu Sosiologi, maka peluang kerjanya pun juga merata.

Berikut peluang kerja yang bisa diraih oleh lulusan Sosiologi.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

1. Peneliti sosial

Salah satu peluang kerja bagi lulusan Sosiologi yakni menjadi peneliti sosial. Ketika menekuni profesi ini, otomatis akan mengembangkan ilmu Sosiologi juga. Biasanya profesi ini juga dirangkap oleh tenaga pengajar di universitas.

2. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Barangkali ini menjadi bidang kerja yang diburu oleh hampir semua lulusan dari berbagai jurusan. Kesempatan menjadi PNS bagi lulusan Sosiologi pun terbuka lebar. 

Karena lulusan Sosiologi mempunyai keahlian bekerja secara struktural, kemampuan analisis yang tinggi, dan kepandaian melakukan pendekatan kepada masyarakat.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X