Kompas.com - 02/03/2021, 13:28 WIB
Menristek Bambang Brodjonegoro pada Peringatan 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia, Selasa (2/3/2021). Tangkapan layar Zoom KemenristekMenristek Bambang Brodjonegoro pada Peringatan 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia, Selasa (2/3/2021).
|

KOMPAS.com - Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek/BRIN) menyelenggarakan Peringatan 1 Tahun Pandemi Covid-19 di Indonesia, Selasa (2/3/2021).

Acara yang juga disiarkan secara virtual melalui Zoom dan kanal YouTube Kemenristek/BRIN tersebut mengambil tema "Inovasi Indonesia Untuk Indonesia Pulih, Bangkit dan Maju".

Dalam sambutannya, Menristek Bambang Brodjonegoro menyatakan bahwa peringatan satu tahun Covid-19 ini sebagai pengingat akan kejadian kasus pertama Covid-19 di Indonesia.

"Saat bapak Presiden mengumumkan kasus 01 dan 02 Covid-19, maka pandemi ini benar-benar hadir di Indonesia," ujar Menristek.

Baca juga: Menristek: Terapi Plasma Konvalesen Perbesar Kesembuhan Pasien Covid

Untuk itulah Kemenristek dan beberapa lembaga terkait langsung mengadakan rapat untuk membahas penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

"Karena Covid-19 ini jenis virus baru dan belum ketahuan seperti apa karakter dan cara penanggulangannya, maka kita mencoba dengan pemikiran yang terbaik," terang Bambang Brodjonegoro.

Dibentuk konsorsium riset dan inovasi Covid-19

Pada rapat tersebut menurut Menristek langsung dibuat konsorsium riset dan inovasi Covid-19. Salah satunya ialah bagaimana membuat vaksin.

Namun seiring perjalanannya, membuat vaksin tidak mudah. Maka jalan terbaik saat itu ialah membuat inovasi penanggulangan Covid-19.

Dijelaskan Menristek, WHO menyampaikan bahwa PCR test adalah standar untuk screening Covid-19. Namun Indonesia belum mampu membuat alat PCR dan akhirnya mendatangkan dari luar atau impor.

Akan tetapi, inovasi anak bangsa bisa membuat rapid tes sendiri. Termasuk membuat ventilator bagi fasilitas pelayanan kesehatan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X