Kompas.com - 02/03/2021, 13:48 WIB
7 Perbedaan pada SNMPTN dan SBMPTN-UTBK 2021
KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo7 Perbedaan pada SNMPTN dan SBMPTN-UTBK 2021
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Salah satu startup edtech, Pahamify menyediakan aplikasi gratis untuk pembelajaran Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2021.

Di tahun ini merupakan tahun kedua UTBK dilaksanakan ditengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Intip 10 Prodi Favorit Unesa di SNMPTN 2021

Di UTBK tahun lalu, siswa kelas XII masih berkesempatan belajar tatap muka setidaknya satu semester.

Berbeda dengan angkatan tahun ini, harus melaksanakan kegiatan pembelajaran jarak jauh (PJJ) selama satu tahun penuh.

Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih mengaku, merujuk tingkat keketatan seleksi UTBK 2020, dari 661.180 siswa dari seluruh Indonesia yang lulus seleksi hanya 23,87 persen.

Hal itu menjadi tantangan tersendiri bagi siswa dan siswi yang akan mengikuti seleksi UTBK 2021.

Pahamify sebagai aplikasi pembelajaran daring akan meningkatkan prestasi akademik siswa SMA dalam mengikuti seleksi UTBK 2021.

"Selain menyediakan Tryout UTBK beserta rasionalisasi peluang masuk ke jurusan dan kampus impian, kami juga sediakan streaming membahas materi UTBK," ucap Chief Education Officer Syarif Rousyan Fikri, dalam keterangan resminya, Selasa (2/3/2021).

Baca juga: Final, 595.093 Siswa Bersaing Masuk PTN Lewat SNMPTN 2021

Dia mengaku, aplikasi Pahamify tidak hanya membantu siswa kelas XII mempersiapkan seleksi UTBK secara pendalaman materi.

 

Namun juga perusahaan berkomitmen untuk membantu persiapan mental, agar tidak mudah menyerah di situasi pandmei Covid-19 saat ini.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X