Kompas.com - 27/02/2021, 08:25 WIB
Tumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa, melalui program tahunan ?Inkubasi Bisnis?, Universitas Pertamina (UP) terus mengembangkan start-up besutan Mahasiswa dan Alumni di bawah pembinaan Career and Development Center (CDC). Dok. Universitas PertaminaTumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa, melalui program tahunan ?Inkubasi Bisnis?, Universitas Pertamina (UP) terus mengembangkan start-up besutan Mahasiswa dan Alumni di bawah pembinaan Career and Development Center (CDC).

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menyebutkan bahwa tahun 2021 akan menjadi momentum bagi Indonesia untuk menjadi negara maju.

Sejalan dengan hal tersebut, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) menyatakan bahwa salah satu syarat menuju negara maju adalah jumlah wirausaha yang semakin meningkat.

Saat ini, jumlah wirausaha di Indonesia baru sekitar tiga persen dari total populasi penduduk. Ditargetkan, pada Tahun 2030 angka ini naik menjadi empat persen.

Salah satu upaya meningkatkan jumlah wirausaha di Indonesia adalah dengan menjadikan perguruan tinggi sebagai pusat pertumbuhan entrepreneurship.

Baca juga: Mahasiswa Dapat Rp 9 Juta Per Semester, Ini Cara Daftar KJMU 2021

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud sendiri tengah membuka Program Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (PKMI).

Program PKMI diharapkan dapat membangun kesadaran, motivasi serta kepercayaan diri pada mahasiswa dalam berwirausaha sehingga dapat membentuk lulusan yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Dukung usaha mahasiswa

Tumbuhkan jiwa wirausaha mahasiswa, melalui program tahunan “Inkubasi Bisnis”, Universitas Pertamina (UP) terus mengembangkan start-up besutan Mahasiswa dan Alumni di bawah pembinaan Career and Development Center (CDC).

Baca juga: Shopee Buka Lowongan Kerja 2021 untuk Lulusan D3-S1

Plt. Rektor Universitas Pertamina, Budi W. Soetjipto mengungkapkan bahwa selain memberikan pendanaan kepada tim bisnis yang lolos seleksi, program yang telah berjalan selama dua periode ini juga memberikan fasilitas pelatihan bisnis (business coaching).

“Universitas Pertamina tidak hanya memasukan kewirausahaan ke dalam kurikulum pembelajaran. Lebih dari itu, kami membangun semangat wirausaha melalui kegiatan di luar pembelajaran di kelas, seperti seminar, ekstrakurikuler dan pembinaan semacam ini,” paparnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (26/2/2021).

Dari total 27 pendaftar pada program Inkubasi Bisnis Batch 2021, terpilih 15 tim mahasiswa wirausaha kampus. Mereka akan mendapatkan pendanaan dan pembimbingan usaha selama tiga bulan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X