Rangkul Unhas, SIG Bantu Korban Gempa di Sulbar

Kompas.com - 26/01/2021, 11:41 WIB
bencana gempa di Sulbar KOMPAS.COM/HENDRA CIPTObencana gempa di Sulbar
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - PT Semen Indonesia (Persero) Tbk atau SIG merangkul Universitas Hasanuddin ( Unhas) dalam membantu korban gempa di Sulawesi Barat ( Sulbar).

Direktur Utama SIG, Hendi Prio Santoso mengatakan, perseroan bersama Unhas Makassar memantau lokasi serta membantu korban gempa di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sulawesi Barat.

Baca juga: Unesa Siapkan Beasiswa dan UKT Bagi Korban Gempa Mamuju dan Majene

"Kerjasama itu dipimpin oleh Guru Besar Faklutas Kedokteran Unas Idrus Paturusi bersama dokter spesialis," kata Hendi dalam keterangan resminya, Selasa (26/1/2021).

SIG juga menyalurkan bantuan kepada korban dampak gempa.

Perseroan pun merangkul pemerintah daerah setempat, tim BPBD, dan perusahaan BUMN lain dalam gerakan kepedulian bencana gempa Mamuju dan Majene.

Lewat PT Semen Tonasa, SIG telah mendirikan posko Semen Tonasa Peduli di Hotel Meganita, Mamuju.

Posko itu digunakan untuk memberikan layanan kesehatan dan pusat distribusi bantuan.

Baca juga: Kemendikbud Bentuk Pos Pendidikan Bantu Korban Gempa Sulawesi Barat

Sejak terjadi bencana, kata Idrus, Unhas sudah ada di lokasi bencana, yakni menggandeng Palang Merah Indonesia (PMI) dan stakeholder lain telah menurunkan Tim Medis Siaga Bencana ke Mamuju dan Majene.

"Kami dan Tim Siaga Bencana dari Makassar langsung meninjau RSUD. Kondisi rumah sakit relatif besar, tapi kondisinya rusak di beberapa tempat," jelas dia.

Tim Medis Siaga Bencana juga telah mempersiapkan kemungkinan melakukan operasi dan pengobatan pasien korban becana.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X