15 Perguruan Tinggi Negeri Paling Diminati Peserta SBMPTN 2020

Kompas.com - 26/01/2021, 11:10 WIB
Universitas Gadjah Mada Dok. UGMUniversitas Gadjah Mada

KOMPAS.com - Sudahkah calon mahasiswa menentukan jurusan dan kampus pilihan untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2021? Pada SBMTPN tahun lalu, ada sejumlah kampus yang paling banyak diminati peserta SBMPTN 2020.

Menentukan kampus di seleksi masuk PTN nyatanya perlu dilakukan dengan pertimbangan matang matang. Sebab, semakin banyak peminat, maka daya saing untuk masuk kampus tersebut semakin tinggi. Dengan begitu, kamu bisa menentukan strategi dalam belajar maupun dalam menentukan kampus mana yang akan dipilih.

Dalam konferensi daring yang diselenggarakan LTMPT tahun lalu, disebutkan sejumlah Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi favorit para peserta SBMPTN 2020.

Baca juga: 5 Jurusan Kuliah IPA Sepi Peminat, tetapi Berprospek Cerah

"UGM jadi kampus dengan peserta peminat paling banyak namun daya tampungnya hanya 2.454," kata Ketua Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih.

Merangkum konferensi daring LTMPT, berikut daftar perguruan tinggi negeri terfavorit pilihan peserta SBMPTN 2020:

1. Universitas Gadjah Mada (peminat: 62.507)

2. Universitas Brawijaya (peminat: 61.743)

3. Universitas Padjadjaran (peminat:56.446)

4. Universitas Indonesia (peminat:54.897)

5. Universitas Sebelas Maret (peminat: 51.974)

Baca juga: Hal Sepele yang Bisa Membuat Calon Mahasiswa Gagal SNMPTN-SBMPTN 2021

6. Universitas Diponegoro (peminat: 51.418)

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X