Unesa Siapkan Beasiswa dan UKT Bagi Korban Gempa Mamuju dan Majene

Kompas.com - 24/01/2021, 12:46 WIB
Salah satu sekolah yang terkena dampak gempa di Sulawesi Barat. DOK. KemendikbudSalah satu sekolah yang terkena dampak gempa di Sulawesi Barat.
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Universitas Negeri Surabaya ( Unesa) menyiapkan beasiswa untuk siswa SMA/SMK sederajat yang terdampak gempa di Kabupaten Mamuju dan Majene, jika memiliki rencana untuk melanjutkan kuliah di Unesa.

"Untuk beasiswa kita siapkan khusus untuk anak-anak korban bencana yang akan kuliah di Unesa," kata Rektor Unesa Nurhasan, melansir laman Unesa, Minggu (24/1/2021).

Baca juga: Gempa Sulawesi Barat, Kemendikbud: 103 Sekolah Rusak

Bagi mahasiswa aktif yang terdampak gempa Mamuju dan Majene, kata dia, juga akan diberikan keringanan membayar uang kuliah tunggal ( UKT).

Kemudian, bilang dia, bagi relawan yang berangkat ke Mamuju dan Majene telah disiapkan piagam khusus oleh kampus Unesa.

"Saat pulang nanti akan diberikan piagam khususnya bagi relawan. Itu apresiasi khusus dari Unesa," jelas dia.

Menurut dia, langkah ini merupakan kepedulian Unesa untuk sesama. Maka dari itu, harus dilakukan aksi nyata baik di lapangan maupun lingkungan kampus.

Apalagi di situasi pandemi Covid-19 dan rawan bencana saat ini, aksi kemanusiaan tidak boleh terhenti.

"Karena untuk keluar dari masalah bangsa, kita harus kerjasama antar sesama," ungkap pria yang akrab disapa Cak Hasan.

Dia menyampaikan, tim relawan yang berangkat ke lapangan harus memahami, bahwa langkah yang dilakukan merupakan proses belajar sekaligus ibadah untuk menumbuhkan rasa empati kepada sesama.

"Itu juga untuk kokohkan eksistensi diri yang baik kepada sesama. Kami bangga, tim relawan berangkat dengan hati dan sadar diri untuk membantu orang lain," tegas dia.

Baca juga: KAIST Tawarkan Beasiswa Kuliah S1 dan Tunjangan di Korea Selatan

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X