Kompas.com - 07/11/2020, 20:33 WIB
Ilustrasi digital SHUTTERSTOCKIlustrasi digital

KOMPAS.com - Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen Paudasmen) Kemendikbud, Jumeri menyebutkan anggaran program digitalisasi untuk sekolah mencapai Rp 3 triliun di tahun 2021.

Anggaran itu difokuskan untuk pembelian laptop. Jumeri mengungkapkan rencananya setiap sekolah akan menerima 15 laptop dan access point. Laptop yang diberikan ini bisa dimanfaat untuk berbagai kegiatan di sekolah.

Baca juga: Kemendikbud Bakal Upayakan Digitalisasi Sekolah pada 2021

"Seperti untuk asesmen kompetensi minimun, asesmen nasional, praktikum dan lain sebagainya," ucap Jumeri dalam siaran persnya melansir laman Kemendikbud, Sabtu (7/11/2020).

Memang, kata Jumeri, total dana yang diinginkan untuk digitalisasi sekolah ini sebenarnya mencapai Rp 15 triliun. Tapi, untuk setiap tahunnya baru bisa dianggarkan Rp 3 triliun.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengaku, program digitalisasi sekolah menjadi salah satu program prioritas Kemendikbud di tahun 2021.

Tidak hanya terkait pengadaan alat elektronik, pada program digitalisasi sekolah ini, Kemendikbud akan membuat suatu platform di mana para guru bisa dengan mudah mengunduh kurikulum dan memilih kurikulum dalam bentuk modul-modul, sehingga proses pembelajaran akan jauh lebih efisien.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Peneliti UGM: Kereta Cepat Jakarta-Bandung Aman dari Risiko Anjlok

"Begitu jadinya. Digitalisasi sekolah itu bukan hanya penyediaan sarana TIK tetapi juga mempermudah guru untuk memilih apa yang paling cocok untuk anaknya," ucap Nadiem.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.