Kompas.com - 06/11/2020, 17:41 WIB
Kemendikbud melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggelar Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2020, yang diselenggarakan 19-24 Oktober 2020, di Jakarta. DOK. KEMENDIKBUDKemendikbud melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggelar Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2020, yang diselenggarakan 19-24 Oktober 2020, di Jakarta.

KOMPAS.com - Kemendikbud melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menguatkan program Trigatra Bahasa yakni mengutamakan pemakaian bahasa Indonesia, melestarikan bahasa daerah, dan menguasai bahasa asing.

Terkait hal ini, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa menggelar Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2020, yang diselenggarakan 19-24 Oktober 2020, di Jakarta.

Ni Putu Ayu Widari, Koordinator Substansi Penghargaan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, menyampaikan para Duta Bahasa Nasional 2020 terpilih akan mengemban tiga tugas, meliputi;

  • Abdi Bahasa untuk kegiatan pengembangan dan peningkatan budaya literasi masyarakat
  • Jaga Bahasa untuk mengampanyekan penggunaan bahasa di ruang publik
  • Niaga Bahasa untuk menyelenggarakan kegiatan edukasi kebahasaan dan kesastraan dalam bentuk produk niaga, kelas bahasa asing, seminar serta pameran

Baca juga: Ditjen Kebudayaan dan Tokopedia Luncurkan Pasar Budaya

Menyadari sejarah kekayaan bahasa

Dalam Pemilihan Duta Bahasa Nasional 2020 yang mengangkat tema "Inovasi Bagi Negeri dan Krida Bahasa" EF English First (EF) kembali mendapat kepercayaan menjadi salah satu juri.

Bertindak sebagai juri mewakili EF, tim peneliti dan pengembangan akademi dan kurikulum EF, Wendy George, melakukan penilaian terhadap Pengetahuan Kebahasaan dan Keterampilan Berbahasa Asing 68 peserta Duta Bahasa yang mewakili 33 provinsi di Indonesia.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Kami merasa senang dapat kembali terlibat dalam penjurian dan terus mendukung program Duta Bahasa Nasional," ungkap Wendy George, Research & Development Advisor EF Indonesia.
Wendy menambahkan program ini sangat penting bagi Indonesia dan berharap program ini dapat diperluas untuk menjangkau lebih banyak lagi sekolah dan institusi di Indonesia.

"Penting bagi generasi muda Indonesia untuk menyadari kekayaan sejarah bahasa mereka dan yakin akan potensi besar bahasa Indonesia untuk menjadi bahasa komunikasi global,” ujar Wendy.

Ni Putu Ayu Widari memberikan apresiasi positif atas partisipasi EF dalam penjurian Pemilihan Duta Bahasa Nasional tahun ini.

"EF sangat berkompeten menilai kemampuan peserta dengan sangat baik, dan memberikan masukan yang membangun bagi peserta agar mereka dapat menguasai bahasa asing dengan lebih baik lagi," ujar Ni Putu Ayu Widari.

Selain itu, tambahnya, EF sebagai lembaga pendidikan bahasa asing terpercaya telah membuktikan kemampuan dan perannya dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing masyarakat Indonesia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X