Kemendikbud Bakal Upayakan Digitalisasi Sekolah pada 2021

Kompas.com - 28/10/2020, 07:39 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim Dok. KemendikbudMenteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim

KOMPAS.com - Berbagai penyesuaian kebijakan pendidikan di masa pandemi Covid-19 telah dilakukan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud).

Salah satu kebijakan yang masih berlangsung di tengah pandemi ialah bantuan kuota internet kepada siswa, guru, mahasiswa, dan dosen, untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh secara daring.

Salah satu survei bahkan menyebutkan bahwa 85 persen masyarakat menilai kuota gratis adalah kebijakan yang tepat di tengah pandemi.

"Kebijakan kuota gratis merupakan yang pertama dalam sejarah Indonesia. Penyaluran bantuan sosial berupa internet gratis diberikan ke puluhan juta orang dalam waktu kurang lebih sebulan," kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ( Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim dalam Cerita di Kemenkeu Mengajar 5 yang disiarkan akun Youtube Kemendikbud, Senin (26/10/2020).

Baca juga: Jadwal Pencairan Dana KJP Plus SD-SMA Tahap I Bulan Oktober 2020

Ke depan, bahkan Nadiem mengusulkan kepada Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk membuat dompet digital siswa. Di mana dalam nomor bantuan kuota juga disertakan layanan dompet digital untuk mempermudah distribusi bansos.

Digitalisasi sekolah

Nadiem juga menerangkan bahwa pihaknya akan fokus pada program digitalisasi sekolah pada tahun depan.

"Jadi tahun depan digitalisasi sekolah akan menjadi tema utama," paparnya.

Terkait digitalisasi sekolah, Nadiem menerangkan wacana ini dilakukan salah satunya untuk mengantisipasi pembelajaran secara digital seperti yang dilakukan selama pandemi.

Baca juga: Soul Travellers, Cerita 39 Anak Muda Indonesia Menjelajah Dunia

"(Sebagai) Persiapan, semua sekolah mempunyai gawai, yaitu laptop untuk bisa mengerjakan baik PJJ atau digitalisasi sekolah untuk dapat pelatihan terbaik, kurikulum online, dan lain-lain," jelas Nadiem.

Rencana tersebut, terang Nadiem, juga menjadi langkah antisipasi bahwa pandemi masih akan berlanjut.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X