Soul Travellers, Cerita 39 Anak Muda Indonesia Menjelajah Dunia

Kompas.com - 17/10/2020, 13:34 WIB
Buku Soul Travellers: Turning Miles Into Memories Dok. Instagram Soul TravellersBuku Soul Travellers: Turning Miles Into Memories

KOMPAS.com – Seperti kata Christopher McCandless, "happiness only real when shared.” Apalah arti kebahagiaan dan cerita tentang perjalanan hidup tanpa berbagi dengan orang lain.

Semangat inilah yang membuat Andre Mokalu bersama dengan 38 anak muda Indonesia lainnya berbagi cerita tentang perjalanan dan kehidupan mereka saat berada jauh dari Indonesia.

Buku yang diterbitkan Gramedia Widiasarana Indonesia ini mengoneksikan penulis dan editor yang saat itu tersebar di berbagai negara dari Benua Afrika hingga Benua Australia.

Sebagian besar penulis merupakan para penerima beasiswa luar negeri baik LPDP, Chevening, DAAD, MEXT, Fulbright, Erasmus, dan Spirit Kemenkeu-Bappenas. Mereka sukses berkolaborasi dan menulis buku di tahun 2017 berjudul Soul Travellers: Turning Miles Into Memories.

Baca juga: Amanda Simandjuntak, Kurangi Pengangguran Muda lewat Pelatihan Koding

Dua penulis di antaranya bahkan merupakan koordinator PPI Dunia yang menggawangi Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI).

Sebut saja cerita petualangan mewujudkan khayalan masa kecil mengunjungi kastil Dracula di Rumania yang dilakukan Steven Guntur, atau kisah Intan Irani, yang menceritakan pengalaman mencari kedamaian batin di India yang ternyata mampu membawa penikmat sastra untuk masuk lebih dalam dan berkelana sebagai proses mendewasakan diri.

Sebagai penggagas buku, Andre bercerita tentang pengalaman kala harus menghubungkan semua penulis yang tersebar di berbagai negara.

“Komunikasi hanya terjalin via Email dan WhatsApp Group karena keterbatasan jauhnya jarak dan perbedaan zona waktu. Namun, para penulis dibebaskan mengeksplorasi travelling dengan sudut pandangnya masing-masing dalam bentuk esai,” paparnya kepada Kompas.com, Rabu (14/10/2020).

Baca juga: Dian Sastro: Investasi Pendidikan pada Perempuan adalah Investasi Masa Depan

Semangat berbagi untuk sesama

Sumbangan Buku Soul Travellers via Komunitas 1000 Guru di SD Wolamawo, Sumba Barat DayaDok.Soul Travellers Sumbangan Buku Soul Travellers via Komunitas 1000 Guru di SD Wolamawo, Sumba Barat Daya

Buku Soul Travellers telah memenangkan Piala Cipta 2019 dari Program Vokasi UI dan juga telah mendapatkan Anugerah Pembaca Indonesia tahun 2017 dari Goodreads Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X